Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Noor Hafidzal

Instagram : Hafidzalll_

Perangkat Keras pada Komputer

Diperbarui: 17 Maret 2022   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Enjoy You Reading

Perangkat keras pada komputer terbagi menjadi beberapa macam, tetapi sebelum itu, apasih yang di maksud dari perangkat keras pada komputer ini.

          Perangkat keras atau bisa kita sebut dengan hardware, hardware adalah suatu komponen komponen pada komputer yang memang kita bisa lihat dengan kasat mata kita dan bisa kita sentuh atau pun di pegang, tetapi hati hati dengan kmponen tersebut. dan selanjutnya adapun macam macam nya sebagai berikut :

1. komponen perangkat input

Perangkat input komputer  adalah perangkat yang memang digunakan untuk memasukkan beberapa data dan memberikan beberapa perintah pada komputer untuk diproses lebih lanjut. Berikut beberapa perangkat masukan yang perlu kita ketahui :

A. Keyboard 

Keyboard atau papan ketik merupakan salah satu perangkat masukan/input pengolahan data yang terhubung dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah khusus lainnya seperti shortcut untuk menyimpan, membuka, menghapus, memindahkan, meng-copy, dll.

Jenis-jenis keyboard: QWERTT, DVORAK, dan KLOCKKENBERG 

B. Mouse 

Mouse memiliki fungsi untuk perpindahan pointer atau kursor. Selain itu, dapat digunakan sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Fitur umum yang ada pada mouse adalah 2 buah klik yaitu kiri dan kanan, serta sebuah scroll guna untuk melihat tampilan yang masih tertutup oleh tampilan layar dengan cara scroll atas dan scroll bawah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline