Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Noor Hafidzal

Instagram : Hafidzalll_

Pengertian dan Tahapan Tumbuh Kembangnya Moral pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 26 Oktober 2021   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

iStockphoto

Kesederhanaan adalah dasar segala moral dan kebajikan utama manusia. Tanpa kesederhanaan, manusia tidak ada bedanya dengan binatang.

Anak anak usia dini sangatlah aktif untuk bermain dan kita sebagai orang tua atau Kakanya bisa loh melihat perkembangan perkembangan moral pada anak anak usia dini melalui sikap, ia dimana ketika anak anak sedang asik bermain perhatikanlah dari situ kita akan melihat bagaimana sikap moral pada anak anak tersebut tidak hanya dengan anak anak sedang bermain saja ketika perilaku sehari hari pun kita akan menemukanya loh dapat kita bedakan suatu perbuatan mana yang baik dan mana yang buruk. 

Santrock (2007: 117) menyatakan bahwa "perkembangan moral adalah perubahan, ppenalaran, perasaan dan perilaku tentang standar mengenai benar ataupun salah".

Muafiroh (2005: 14) mengatakan perkembangan moral anak berlangsung secara merangsur angsur tahapan demi tahapan. Dan adapun 3 tahapan tahapan tersebut yaitu sebagai berikut ini: 

1. Tahapan amoral : (anak tidak mempunyai rasa benar ataupun salah)

2. Tahapan konversial : (anak menerima nilai nilai dan norma dari orang tua dan masyarakat) dan yang terakhir 

3. Tahapan otonomi : (anak membuat pilihan sendiri secara bebas).  

 Dari penjelasan tersebut bisa kita simpulkan bahwasanya perkembangan moral adalah tindakan atau perbuatan seseorang tentang yang salah atau pun yang benar dan yang baik ataupun yang buruk untuk bertindak sesuai dengan anggota suatu budaya oleh karena itu perlunya bimbingan kepada anak anak supaya memahami mana yang baik dan buruk dan mana yang salah dan benar.

1. Pada usia anak anak adalah dimana usia yang sangat sangat penting bagi orang tua dan guru untuk menanamkan nilai nilai moral, pada dasarnya usia usia dini di bawah 6 tahun anak anak masl salam masa masa perkembangan. Adapaun peran peran orang tua dan guru untuk meningkatkan tumbuh kekmbang moral pada anak anak usia dini :

2. Pada usia 4 sampai 7 tahun pada tahapan ini anak anak akan melewati masa masa ataupun tahapan yang merupakan dimana tahapan ini yang pertama dimana anak berfikir bahwa keadilan dan peraturan ialah hanya properti dunia yang tidak bisa kita kontrol dan di ubah 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline