Lihat ke Halaman Asli

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Description: :)

Bismillah. Hallo sahabat pena, kali ini gue mau menyinggung sedikit masalah budaya, sebenarnya apa sih pentingnya membahas masalah budaya?. Ya penting lah lah guys, secara gitu lho, kita masih muda dan punya kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa sendiri. Kalo bukan kita, siapa lagi?. Disini gue mau membahas budaya dalam dua sisi pandangan, yang satu ke Indonesianya, yang satu lagi ke masyarakatnya secara umum.

Dalam sisi pandangan lebih ke Indonesianya, Indonesia kaya akan budaya, itu sudah pasti dan terbukti. Sekarang dan selamanya Indonesia akan tetap menjadi negara paling kaya budaya. Mulai dari Rumah Adat, bahasa daerah, pakaian sampai makanan tradisional. Semuanya Indonesia punya. Cuma, ada yang kurang. “Lah? Indonesia kurang apanya sih?” . Indonesia kurang mempertahankan saja. Selama ini Indonesia akan ribut jika budayanya di klaim oleh negara lain lalu risuh. Tetapi kenapa harus risuhnya jika budayanya sudah di ambil? sewaktu tidak terjadi apa-apa kenapa di diamkan? Andai saja gue punya seribu jasad atau berubah menjadi 1000 seperti naruto. Ingin deh rasanya keliling indonesia untuk belajar seluruh budaya nya, hehe :’)

Selain Indonesia yang masih kesusahan untuk mempertahankan budayanya karena hanya sedikit orang yang ikut membantu mempertahankan . Indonesia juga kekurangan sukarelawan untuk meneruskan perjuangan para leluhur yang menjalani budaya pada kehidupan sehari-harinya. Seperti penari, pemakai baju adat, rumah adat dan pembuat film kisah-kisah sejarah itu udah jarangnya pakai banget!


Sekarang masyarakat lebih banyak yang mengembangkan negara tetapi tidak mempertahankan budayanya. Seharusnya seimbang memang, tapi negara kita sudah mulai campur dengan budaya orang barat. Atau bahkan malah masyarakat lebih menyukai budaya orang barat daripada negara sendiri..


Mirisnya negara ini. Ibarat sistem peridolaan di indonesia. Yang cinta budaya indonesia itu musiman.

Selain Indonesianya. Budaya juga dipandang dari masyarakatnya. Menerima atau tidak? mendukung atau tidak? Ikut membangun atau tidak? Ikut melakukan atau tidak? dan masyarakat di Indonesia? Kita punya tanggapan masing-masing soal ini 

Beginilah masyarakat indonesia. Antara labil dan serius itu beda-beda tipis dan dominan untuk karakter masyarakat. Kadang semangat buat negara, kadang nggak mau peduli, kadang serius nonton berita tentang indonesia, kadang lebih milih nonton sinetron dari pada ngulas masalah budaya di indonesia dan lain sebagainya.

Masyarakat Indonesia itu luar biasa. Jiwa sosial tinggi, kompak, genius, kreatif dan menarik. Cuma, kurangnya satu kok. Kurang peduli dengan lingkungan, udah. Budaya dalam tatapan masyarakat apa sih? ciri khas? budaya doang? pajangan? atau?
Mungkin kebanyakan orang memilih budaya sama dengan ciri khas bangsa. Jika itu ciri khas, yang membangun harus siapa? masyarakatnya dong  yuk yuk. Bantu budaya indonesia untuk bisa berlari menuju “Dunia butuh indonesia karena budayanya” m/

Sekarang dan selamanya, yuk bantu Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya yang sebenarnya bisa mengalahkan budaya negara tetangga. Seninya mantap sist , bro!

Jangan sampai ciri khas bangsa yang satu ini terlupakan karena gengsi dan mode modern yang terus berkembang ini ya 

Mari, usir gengsi dalam diri untuk membangun budaya indonesia lebih baik lagi. Kalau bisa jadiin trending topic world selamanya karena selalu ada yang baru dalam budaya kita 

Satu pertanyaan lagi ya, Guys! :D

“Kalau bukan Kita? Siapa lagi?”

Itu sedikit opini gue tentang budaya? Bagaimana menurut loe?

Cukup sekian, Terima kasih. Salam Budaya Bangsa! *Cheese* :D

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline