Lihat ke Halaman Asli

Hafidh Alfarizi

MAHASISWA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Gempa Cianjur Berdampak Hebat terhadap Semua Aspek

Diperbarui: 22 Desember 2022   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gempa bumi pada senin,21 November 2022 melanda Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 magnitudo, gempa ini sangat dasyat dan mengakibatkan kerusakan parah pada rumah warga dan juga lingkungan yang menjadi hancur, jalanan mengalami retak sehingga longsor terjadi,hal ini mengakibatkan jalan cipanas menuju bogor terputus, selain itu gempa ini juga memakan korban yang sangat banyak .

Korban yang tercatat oleh BNPB sebanyak 334 orang yang meninggal atas peristiwa yang terjadi di Cianjur ini, lalu sebanyak 59 korban dengan luka berat masih menjalani perawatan di setiap rumah sakit Cianjur dan masih banyak korban yang belum ditemukan TIM SAR.

Gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat ini adalah gempa yang di akibatkan oleh pergerakan sesar cimandiri,walaupun ukuran gempa yang sedang, namun kedalamannya yang dangkal mengakibatkan goncangan yang sangat kuat, sehingga sangat berdampak pada rumah warga, ada sekitar 1.363 rumah yang rusak dan sekitar 400 rumah mengalami rusak berat. Dan BNPB mengatakan masih mempelajari tinggkat kerusakan rumah dan bangunan warga tersebut.

Hingga saat ini Cianjur masih di intai oleh gempa susulan tercatat hingga saat ini terjadi 380 kali lebih. BMKG tetap menghimbau kepada masyarakat Cianjur dan sekitarnya agar tetap waspada dan tetap bersikap tenang.(22/12/22).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline