Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Mental Health bagi Generasi Z

Diperbarui: 4 Mei 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mental healt merupakan sesuatu yang penting dan harus disadari oleh diri kita sendiri. Dimana kita harus menyadari seberapa besar potensi kekuatan yang ada didalam diri kita. 

Nah, apalagi untuk para generasi z yang lahir ditengah-tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat, mental healt ini sangat penting untuk diketahui agar dapat menghindari stress dan tekanan  dalam hidup.

Di tengah kehidupan yang tidak akan mungkin  berjalan lancar-lancar saja nih, pasti kita akan selalu dihadapi oleh rasa khawatir dan cemas. Padahal rasa khawatir dan cemas yang berlebihan itu juga tidak baik untuk mental healt kita. 

Di saat pikiran kita mulai dipenuhi pikiran-pikiran buruk maka itu juga berdampak pada aktivitas sehari hari, dimulai dari menghindari untuk bersosialisasi, mengurung diri di dalam rumah, dan bahkan menjadi lebih pendiam. Hal-hal seperti inilah yang menyebabkan kepercayaan diri menjadi berkurang serta mental healt menjadi terganggu.

Maka dari ada beberapa tips untuk  para generasi z agar dapat menjaga mental healt kalian, yang pertama lakukan kegiatan yang produktif dan positif, daripada berdiam diri dan mengkhawatirkan hal yang tidak pasti, lebih baik melakukan kegiatan yang membuat fun and happy, karena jika diri kita merasa menyenangkan, otak kita akan berpikir ke hal-hal yang baik dan positif. 

Yang kedua jangan pernah merasa sendiri, ingat selalu bahwa banyak orang yang peduli dan selalu menjaga kamu,cari seseorang yang dapat dipercaya dan sebagai tempat untuk kamu bercerita, tetapi jika memang tidak ada, jangan sungkan dan malu untuk datang dan meminta bantuan kepada seseorang yang profesional di bidang mental healt.  

Dan yang terakhir lakukan self-care dan self-reward, yaitu rawat dan beri apresiasi kepada diri sendiri atas pencapai-pencapai yang telah dicapai,ucapkan pula terimakasih kepada diri sendiri bahwa sudah melakukan yang terbaik.

Ingat bahwa generazi z merupakan bagian dari masa depan yang akan menjadi penggerak  perubahan bagi kehidupan ini. Jika mental healt dianggap remeh, nantinya banyak sekali anak-anak yang masih mudah akan terkena stress dan depresi.  Jadi sebisa mungkin mari menjaga mental healt demi generasi masa depan yang lebih baik. 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline