Lihat ke Halaman Asli

Haendy B

Blogger, Football Anthutsias

Gagalkan Timnas Irlandia ke Piala Dunia, Thierry Henry Pun Kena Bully

Diperbarui: 30 Maret 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ada menang, ada kalah, itulah pertandingan, namun adakalanya pertandingan tidak berakhir sebagaimana mestinya. 

Kilas balik kualifikasi piala dunia 2010 

Thierry Henry, salah satu legenda sepak bola Prancis, menjadi bagian timnas Prancis untuk memperebutkan tiket ke piala dunia 2010 di Afrika Selatan. Saat itu timnas Perancis menghadapi timnas republik Irlandia, pertandingan berjalan normal sampai pada menit ke-104 pertandingan, Thierry Henry menerima umpan dengan tangan di dalam kotak penalti Perancis dan kemudian memberikan umpan kepada rekan setimnya William Gallas yang mencetak gol dan mengantarkan Prancis lolos ke Piala Dunia 2010. Tindakan Henry tersebut sebenarnya melanggar aturan dan seharusnya wasit membatalkan gol tersebut, nyatanya gol dilihat sah dan timnas Perancis memenangkan pertandingan serta menuju piala dunia.

Thierry Henry pun dicemooh oleh fans timnas Irlandia karena insiden yang terjadi selama pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia 2010 antara Prancis dan Irlandia pada bulan November 2009. Thierry Henry melakukan sebuah tindakan yang dianggap tidak fair dan merugikan timnas Irlandia, sepertinya fans timnas Irlandia tidak rela menerima kekalahan dengan cara yang tidak fair tersebut.

Sebagai respons atas insiden tersebut, beberapa orang Irlandia bahkan memprotes FIFA dan meminta agar pertandingan diulang namun permintaan tersebut tidak dikabulkan dan Perancis tetap melaju ke Piala Dunia 2010. Thierry Henry sendiri kemudian mengakui bahwa tindakannya pada saat itu tidaklah fair dan menyesalinya insiden itu.

Sepakbola selanjutnya mengalami banyak kejadian termasuk evolusi seperti lahirnya pengguna VAR, fans timnas Irlandia yang merasa kecewa dan merasa bahwa timnas mereka dirugikan oleh tindakan tidak fair tetap berjalan melanjutkan kehidupan.

2022, Belgia vs republik Irlandia

Fans Irlandia yang hadir di Stade de France saat itu dan juga di seluruh dunia tidak terima akan kekakalahan tersebut, Meraka berencana akan memberikan cemoohan terhadap Thierry Henry dan itu terjadi.

Pertandingan persahabatan antara timnas Belgia melawan timnas republik Irlandia sempat memanas, bukan karena insiden namun karena sejumlah fans timnas Irlandia masih tidak terima kekalahan unfair pada tahun 2010 tersebut dan mulai mencemooh ketika kamera menyorot wajah Thierry Henry yang saat itu menjabat asisten pelatih timnas Belgia.

Sudah hampir 12 tahun tapi fans timnas Irlandia tak melupakan kejadian tidak fair play yang menyebabkan timnas Irlandia gagal tampil piala dunia. Jika normal kekalahan yang diterima timnas republik Irlandia, mungkin semua baik-baik saja,  patah hati fans timnas yang tidak terima dengan kegagalan timnas gara gara tindakan tidak fair belum sembuh dan butuh waktu lama.

Kegagalan tampil dipiala dunia menjadi luka yang mendalam karena tindakan tidak fair tersebut, bayangkan sportivitas yang selama ini dijunjung hilang karena kepentingan pribadi, namun hidup harus terus berjalan dan selamat melanjutkan mimpi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline