Lihat ke Halaman Asli

Asistensi Mengajar Program studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang 2024 di SMKN 1 Batu

Diperbarui: 16 Desember 2024   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada kegiatan akademik Mahasiswa AM UM Prodi Pendidikan Sejarah di SMKN 1 Batu diawali dengan melakukan observasi didalam kelas yang akan digunakan penulis untuk mengajar, yaitu kelas X dan XI. Saat Observasi berlangsung, penulis dan rekan rekan mengamati bagaimana cara menjelaskan materi, kemudian media apa saja yang digunakan, dan bagaimana guru memberikan tugas ke peserta didik. Guru pamong Sejarah juga memberikan contoh RPP yang biasa digunakan guru-guru di sekolah ini dan diberikan penjelasan sedikit tentang karakteristik dan kemampuan sebagian besar peserta didik di kelas tersebut setelah observasi dikelas tersebut. Hasil Observasi yang kamu lakukan didalam kelas bersama guru pamong akan kami jadikan acuan untuk melakukan kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Batu dan juga membuat progam kerja.

Kegiatan utama mengajar penulis dimulai dari kelas X DPB 2, XI Perhotelan 1 dan Kuliner 3 di semester ganjil. Sebelum mengajar, penulis mempersiapkan RPP untuk beberapa pertemuan kedepan, lebar kerja peserta didik, kriteria penilaian, serta materi yang harus penulis sampaiakan dalam bentuk PPT ataupun bentuk lain. Semua perangkat pembelajaran akan di diskusikam bersama guru pamong terlebih dahulu agar penulis tahu apakah cocok dan sesuai dengan kelas yang akan diajar.

  • Penyusunana 

Kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran dilakukan bersama-sama dengan tim mahasiswa Sejarah lainya dengan dibimmbing oleh guru pamong. Perangkat pembelajaran yang disusun antara lain adalah RPP, media pembelajaran dan bahan ajar.

  • RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan acuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP yang disusun di antaranya adalah pada bab ancaman integrasi, persatuan dan kesatuan, wawasan nusantara, memperkukuh persatuan dan kesatuan.

  • Modul Ajar

Media pembelajaran dan bahan ajar merupakan perangkat pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Adapun media dan bahan ajar yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses mengajar antara lain berupa powerpoint, video pembelajaran, wordwall, educaplay dan LKPD. Selain itu, tim mahasiswa membuat soal-soal untuk ulangan harian yang dilaksanakan saat setiap bab yang diajarkan telah selesai.

  • Mengajar Kelas X DPB 2

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas X DPB 2 SMKN 1 Batu dilakukan selama kurang lebih 13 minggu atau selama kurang lebih 3,5 bulan namun hanya 10 pertemuan karena terdapat kegiatan lain yang melibatkan siswa kelas X DPB 2. Adapun materi yang diajarkan meliputi materi di semester ganjil yaitu Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan Kerajaan Islam di Indonesia. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun pemaparan pelaksanaan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.

  • Materi Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

Pada materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia kelas X, terdapat 5 pertemuan dengan materi indikator kerajaan Hindu-Buddha dan bukti peninggalan kerajaan Hindu-Buddha. Sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, dilaksanakan persiapan dengan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan teman satu prodi untuk menyusun rancangan pembelajaran, powerpoint, dan LKPD. Setelah semua telah dibuat, maka dilakukan konsultasi dengan guru pamong mengenai RPP, powerpoint, video pembelajaran, LKPD, kuis. Setelah melalui konsultasi dan persetujuan guru pamong selanjutnya dilaksanakan pembelajaran di kelas.

Model pembelajaran yang digunakan dalam materi ini adalah Pembelajaran aktif yang lebih banyak melibatkan peran peserta didik dan kontektual yang menyangkutkan kondisi dalam penayangan video dengan kondisi saat ini. Pada awal pembelajaran penulis menjelaskan terlebih dahulu dengan media pembelajaran ceramah dan menuliskan di papan tulis karena keterbatasan dalam penggunana powerpoint sedangkan untuk powerpoint yng telah dibuat di-share langsung kepada peserta didik kemudian diakhir materi pembelajaran dilakukan pemberian tugas mandiri dengan mengerjakan LKPD kemudian pada pertemuan selanjutnya melanjutkan dengan meng-share video pembelajaran kepada peserta didik yang kemudian peserta didik diminta untuk mencari peningglan yang telah dijelaskan dalam video. selesai meteri pada bab ini dilakukan ulangan harian.

  • Materi Kerajaan Islam di Indonesia

Pada materi kerajaan Islam di Indonesia kelas X, terdapat 5 pertemuan dengan materi indikator Masuknya agama Islam ke Indonesia, Jalur masuknya agama Islam, dan kerajaan Islam di Indonesia. Sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, dilaksanakan persiapan dengan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan teman satu prodi untuk menyusun rancangan pembelajaran, powerpoint, dan LKPD sekaligus konsultasi kepada guru pamong. Setelah melalui konsultasi dan persetujuan guru pamong selanjutnya dilaksanakan pembelajaran di kelas.

Model pembelajaran yang digunakan dalam materi ini adalah Berdiskusi aktif bersama peserta didik. Setelah penyampaian materi, peserta didik diminta untuk mengerjakan LKPD secara berkelompok.

  • Mengajar Kelas XI Kuliner 3 dan Perhotelan 1

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas XI Kuliner 3 dan Perhotelan 1 SMKN 1 Batu dilakukan selama kurang lebih 13 minggu atau selama kurang lebih 3,5 bulan namun tiap kelas berbeda jumlah pertemuannya dikarenakan adanya kegiatan sekolah yang kebetulan berada di hari mengajar dua kelas ini juga kegiatan TEFA kelas XI Kuliner yang mengharuskan fokus pada pratikum selama 2 minggu. Adapun materi yang diajarkan meliputi materi di semester ganjil yaitu kolonialisme bangsa eropa, perlawanan terhadap kolonialisme, pergerakan bangsa hingga Proklamasi. Namun, pembelajaran dianggap tidak tuntas karena hanya bisa sampai pada materi perlawanan terhadap kolonialisme saja. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

  • Mendapingi Pembelajaran Kelas di Saat Guru Berhalangan Hadir
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline