Lihat ke Halaman Asli

Hadiyah Marowati

Buruh pabrik

Memaksimalkan Gadget Jadul (Revisi)

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mendengar kata gadget, yang terlintas dalam benak saya adalah smartphone. Sayangnya, saya belum memiliki smartphone. Yang saya miliki adalah ponsel Sunberry Spy 388. Saya bertanya-tanya apakah ponsel saya termasuk gadget?

Kemudian saya mulai jelajahi Google menanyakan definisi gadget. Hasilnya, saya menemukan berbagai definisi gadget yang intinya merujuk pada sebuah benda berteknologi canggih yang terus menerus mengalami pembaharuan teknologi.

Dengan demikian, ponsel juga termasuk gadget walaupun ponsel saya termasuk gadget jadul. Saya memakai ponsel sebagai sarana menyalurkan kegemaran saya menulis dan membaca. Juga sarana berkomunikasi dengan komunitas kepenulisan online di facebook dan twitter.

Namun, sejak facebook mengunakan fitur "kronologi" membuat saya kesulitan mengaksesnya via ponsel. Ditambah lagi ditiadakannnya layanan zero facebook (0.facebook.com) menyebabkan saya tidak bisa mengakses sama sekali.

Sedangkan keterbatasan memori internal ponsel dan ketiadaan java tidak memungkinkan mengakses twitter melalui ponsel. Beruntung, saya mengunakan operator XL yang memiliki layanan XL twitter sms. Yaitu layanan twitter melalui sms yang dikirim ke ponsel pelanggan.

Layanan ini mempermudah saya mengakses twitter via ponsel. Saya bisa ngetwit, retwet, follow, direct message, melihat profil, merubah bio dan merubah URL dengan mengirimkan sms berkeyword ke 89887.

Sebelum menikmati layanan XLtwitsms, harus registrasi dulu pada komputer dan ponsel. Berikut caranya:

1. 1.Log out dari twitter di komputer, tunggu hingga muncul gambar ponsel.
2.Klik " twitter via sms" , lalu login.
3.Isi formulir registrasi. Masukkan nomer XLnya.Ingat! kosongkan PIN. Klik "simpan perubahan"
4.Ketika muncul "silakan ketik GO pada ponsel anda" maka ketik GO dan kirim ke 89887.
5.Ikuti petunjuk dari 89887 dengan mengirim sms username dan pasword.
6.ketik HELP kirim ke 89887 untuk mengetahui keyword smsnya.
7.Pilih paket berlangganan dengan mengetik TW1 dengan tarif 550/hari, TW7 dengan tarif 2750/7hari atau TW30 dengan tarif 8800/30hari.
Saya memakai paket mingguan (TW7) sehingga pulsa saya terpotong otomatis sebesar 2750/minggu.

Bila proses registrasi usai, saatnya memulai bertwitter via ponsel. Mulailah dengan men-FOLLOW teman, maka twit teman akan muncul di ponsel. Bila bosan dengan kicauan teman, ketik LEAVE username maka twitsms dari teman itu takkan masuk ke ponsel lagi. LEAVE bukan berarti UNFOLLOW.

Ponsel saya bermode dual on. Pada SIM1 saya sematkan kartu XL dan SIM2 saya pakai 3. Selain untuk twitteran, ponsel saya gunakan untuk menulis konsep naskah berupa cerpen dan artikel. Lalu, saya kirim konsep naskah ke email melalui MMS.

Untuk MMS saya mengandalkan SIM1 yang telah berhasil saya setting manual. Sedangkan SIM2 belum bisa digunakan berMMS karena setting MMS bermasalah.
Konsep naskah yang dikirim ke e-mail via MMS belum bisa langsung dikirim ulang (foward) ke e-mail media. Harus disalintempel (copypaste) terlebih dulu ke Microsoft Word dan diedit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline