Lihat ke Halaman Asli

Donasi untuk Korban Puting Beliung Cianjur

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari senin kemarin saya mengabarkan kepada teman-teman bahwa telah terjadi angin puting beliung yang terjadi di Cianjur pada hari sabtu 9 januari 2010. Saya berkesempatan meninjau lokasi bencana dan berinteraksi langsung dengan para korban bencana angin puting beliung tersebut.

Hari selasa, 12 Januari 2010, ini saya berkesempatan untuk menghadiri rapat koordinasi penanggulangan bencana yang diselenggarakan oleh kelurahan sawah gede, tempat dimana bencana terjadi. Peserta rapat dihadiri oleh para RW atau yang mewakili, pihak puskesmas Joglo,pihak kecamatan, pihak pusbin KBPP yang diwakili oleh saya sendiri, serta unsur dari koramil dan polsek cianjur.

Materi rapat ditekankan pada inisiatif warga untuk berswadaya membantu para korban bencana puting beliung yang menimpa 4 RW. Yaitu RW 11, 14, 15, dan 16. Menurut data yang berhasil dihimpun oleh pihak kelurahan 7 rumah rusak berat, 37 rusak sedang, dan 142 rusak ringan (ini sekaligus memperbaiki kesalahan atas data yang saya tulis kemarin).Sedangkan lahan pertanian, menurut kepala kelurahan Sawah Gede, Adang Sumaryadi, SH “sekitar 50% dari luas 2,25 Hektar, mengalami kerusakan dan tidak dapat dipanen.”

[caption id="attachment_52639" align="alignleft" width="265" caption="rapat koordinasi penanggulangan bencana anign puting beliung (foto: dok.pribadi)"][/caption]

Dengan penuh inisiatif, kepala kelurahan memprakarsai pengumpulan dana spontanitas yang kemudian dinamakan lelang kepedulian dari peserta yang hadir dan terkumpul 650.000 rupiah. Sedangkan dari aparatur pemerintahan kelurahan sawah gede terkumpul 600.000 yang telah disalurkan kepada korban bencana yang juga adalah salah satu yang menjadi korban rusak berat. Sedangkan dari bupati Cianjur sebesar Rp. 7 juta Rupiah, sebagai dana stimulan awal yang diberikan dari bapak bupati Cianjur selaku pribadi.

Untuk itu, mengingat beberapa tanggapan teman-teman pada reportase saya hari senin kemarin, saya atas nama pribadi berupaya untuk mengetuk pintu dan hati nurani teman-teman semua yang berniat membantu para korban yang membutuhkan. Saya membuka rekening donasi selama 1 minggu ke depan, melalui rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Cianjur, dengan nomor 0407 0181 33, atas nama A.Syamsul Hadi. Bagi teman-teman yang tergerak untuk menyumbang, agar sudi kiranya membuat pesan japri ke inbox saya, nilai nominal yang teman-teman sumbangkan, untuk kepentingan audit pribadi dan supaya pergerakan angka nominalnya lebih terpantau. Insya Allah, saya akan menyalurkannya kepada pihak kelurahan Sawah Gede selaku panitia pengumpulan dana tersebut. (HS)

foto-foto:

[caption id="attachment_52641" align="aligncenter" width="300" caption="para peserta rapat yang terdiri dari unsur RW dan pemerintahan (Foto: dok.pribadi)"][/caption]

sekedar mengingatkan, inilah foto-foto korban bencana dan kerusakannya.

[caption id="attachment_52644" align="aligncenter" width="224" caption="salah satu korban bencana, bapak jen, berdiri di depan puing-puing rumahnya (foto: dok.pribadi)"][/caption] [caption id="attachment_52645" align="aligncenter" width="300" caption="reruntuhan rumah yang tersapu angin puting beliung (foto:dok.pribadi)"][/caption] [caption id="attachment_52646" align="aligncenter" width="300" caption="korban bencana angin puting beliung untuk sementara mengungsi di tenda. can you imagine that? ditengah musim hujan begini??? (foto:dok.pribadi)"][/caption] [caption id="attachment_52648" align="aligncenter" width="300" caption="suasana posko kesehatan darurat di lokasi bencana (foto: dok. pribadi)"][/caption] [caption id="attachment_52650" align="aligncenter" width="300" caption="petugas kesehatan dibantu para kader, stand by di posko kesehatan darurat (foto:dok.pribadi)"][/caption] [caption id="attachment_52652" align="aligncenter" width="300" caption="salah satu kios rokok yang terkena dampak angin puting beliung (foto: dok.pribadi)"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline