Lihat ke Halaman Asli

Ikaragil (Ikatan Anak Rantau Gunungkidul)

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14281259281739041539

[caption id="attachment_376634" align="aligncenter" width="560" caption="kopdar ke IV ikaragil korwil bali(dok.pribadi)"][/caption]

dengan banyaknya paguyuban, perkumpulan atau group alumni sekolah yang ada di yogyakarta terutama gunungkidul, ternyata bisa menjadi ajang reuni antar warga yang berasal dari satu desa diperantauan. entah itu paguyuban yang memang khusus hanya satu daerah tertentu ataupun paguyuban trah keluarga. tetapi paguyuban ikaragil ini adalah paguyuban untuk mewadahi warganya yang berasal dari gunungkidul khususnya yang  merantau ataupun tidak merantau.

dan ikaragil ini tidak membatasi usia warganya, namun mayoritas dihuni oleh kaum muda mudi dan usia setengah baya. dan rata-rata sudah bekerja semuanya, ya karena mereka berada di perantauan. adapun ikaragil ini di bentuk untuk misi sosial dan tidak akan terlibat dalam politik praktis. karena sudah jelas didalam ad/art nya.

[caption id="attachment_376635" align="aligncenter" width="560" caption="kodar ke IV ikaragil korwil bali(dok.pribadi)"]

142812620184949505

[/caption]

meskipun paguyuban ini dikhusukan bagi warga gunungkidul yang berada diperantauan namun tidak menutup bagi warga daerah lain untuk ikut berpartisipasi dalam misi sosialnya. sebab ikaragil ini tersebar di seluruh indonesia bahkan hongkong juga sudah ada korwilnya.

sebagai bentuk aksi sosialnya, ikaragil sudah sering membantu berbagai aksi sosial dikorwilnya masing-masing, misalnya di jakarta dan sekitarnya ada bencana banjir, maka ikaragil akan segera membantu semampunya bagi warga yang kebanjiran. namun juga tidak melupakan daerah asalnya gunungkidul. sebab setiap korwil wajib menyetorkan dana seikhlasnya guna membantu warga di gunungkidul yang memerlukan bantuan, terutama yang kekurangan perekonomiannya dan warga yang rumahnya tidak layak huni maka dari ikargil akan membantu untuk bedah rumah tersebut.

[caption id="attachment_376639" align="aligncenter" width="560" caption="yang muda yang berkarya(dok.pribadi)"]

14281263641046578674

[/caption]

berhubung ikaragil pada tahun ini baru akan berulang tahun yang ketiga namun selama tiga tahun ini ikaragil sudah banyak berkiprah dalam aksi sosialnya terutama sering mengadakan bakti sosialnya di desa-desa yang terpencil di gunungkidul. dan saya sebagai anggota ikaragil korwil bali yang baru terbentuk empat bulan yang lalu tentunya masih belum bisa berbuat banyak dalam bakti sosial.

namun jika tidak ada halangan, maka rencana korwil bali akan kopdar yang ke lima sekaligus bersih-bersih sampah di pantai mertasari sanur bali pada hari minggu tanggal 12 mei 2015. dan semoga aksi ikaragil korwil bali ini bisa menjadi awal dari sebuah aksi sosial yang berkelanjutan.

[caption id="attachment_376640" align="aligncenter" width="560" caption="ikaragil narsis(dok.pribadi)"]

142812643565173653

[/caption]

itulah sedikit gambaran dari sebuah paguyuban bernama ikaragil

yang muda yang berkarya

salam handayani

salam sepuluhewu

terimakasih kompasiana

hadisang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline