Lihat ke Halaman Asli

M Hadiputra Azhar

Mahasiswa biasa

Peran Kepemimpinan dalam Organisasi

Diperbarui: 30 November 2021   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 (www.teamgantt.com)

Leadership merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis dan organisasi. Skill atau keterampilan ini juga wajib dimiliki semua orang agar tetap dapat bersaing dan bekerja secara maksimal. Leadership sangat mempengaruhi kinerja suatu organisasi dan bisnis khususnya dalam mencapai suatu target. Pada umumnya kepemimpinan dalam suatu perusahaan harus dipegang oleh atasan. Namun, seringkali setiap karyawan juga harus memiliki kepemimpinan untuk meningkatkan kinerjanya. kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja sama dalam suatu rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan

Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari manajemen.

Dalam Harvard Business Review, kepemimpinan adalah pencapaian tujuan melalui arahan dan dukungan orang. Seseorang yang berhasil dalam berorganisasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu adalah seorang pemimpin. Seorang pemimpin  hebat adalah seseorang yang dapat melakukannya setiap hari, setiap bulan, dan setiap tahun dalam keadaan apa pun. Pemimpin juga harus memiliki rasa sosial dan kemanusiaan yang tinggi untuk memahami rekan kerja dan hubungan, serta tujuan yang ingin dicapai oleh setiap individu dan kelompok.

Seorang pemimpin berbeda dengan manajer. Pemimpin mempunyai kekuasaan atas pengikutnya bukan karena jabatannya tetapi karena kemampuan personality. Sikap, tingkah laku yang kemudian memunculkan wibawa. Sedangkan manajer memiliki kekuasaan karena jabatan yang dimilikinya. Dia bisa memberi komando karena struktur dan birokrasi, tetapi saat dia sudah tidak lagi menjabat maka tidak satupun "bekas" bawahanya mau dia perintah.

Kepemimpinan bukan hanya tentang memahami orang lain, bersikap baik kepada orang lain, atau memotivasi orang lain untuk mencapai sesuatu. Namun, kepemimpinan dalam bisnis bersifat demokratis, yang berarti menciptakan peluang bagi semua pekerja, tanpa kecuali, dan tidak menciptakan anarki. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus memiliki kemampuan perilaku yang luar biasa. Berikut adalah beberapa sikap lain yang perlu Anda miliki untuk menjadi pemimpin yang baik:

Kebijaksanaan

Banyak orang  akan dikaitkan dengan grup, organisasi, bisnis, atau proyek yang  Anda pimpin. Semakin banyak orang, semakin banyak  ide, pandangan, dan pendapat yang ada. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus selalu terbuka untuk menerima dan memilih  ide dan sudut pandang.

Keberanian

Sebuah tim akan menghadapi rintangan, tantangan, dan permasalahan kedepannya. Maka dari itu, pemimpin harus memiliki sikap berani dalam memutuskan langkah dan juga tahu kapan waktu yang tepat untuk bersikap mengatasi permasalahan tersebut.

Keterampilan sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline