Lihat ke Halaman Asli

Ilham Jaya

Penulis lepas

Histrorikal Komunikasi Internasional pada Bahasa Inggris sebagai "Lingua Franca"

Diperbarui: 23 September 2018   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer. Secara umum bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi kepada sesama manusia.

dalam sejarah historiknya komunikasi internasional menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa mendasar yang lazim digunakan oleh mayoritas warga dunia, bahasa ini seoalah menjadi bahasa yang wajib untuk dikuasai jika kamu mempunyai niatan untuk pergi keluar negeri entah untuk urusan bisnis, belajar maupun traveling. Kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional? Mari kita lihat sejarahnya dalam historik komunikasi internasional

 Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional dikarenakan beberapa hal, bahasa inggris merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, bahasa inggris telah ada sekitar abad ke 8, dalam perkembangannya bahasa tersebut sangat pesat berkembang dikarenakan negara inggris merupakan Negara dengan jumlah Negara jajahan yang besar. 

Mereka memiliki banyak sekali Negara jajahan sehingga banyak Negara di dunia yang menggunakan bahsa inggris sebagai bahasa internasional. Dalam historikal komunikasi internasional bahasa inggris menjadi bahasa yang sangat kuat. Majunya teknologi dan perekonomian juga menjadi salah satu alasan kenapa bahasa inggris menjadi salah satu bahasa pokok dalam komunikasi internasional.

Dalam komunikasi internasional di berlakukan kesepakatan yang disepakati bersama yang dinamakan 'LinguaFranca' atau dalam bahasa Indonesia disebut bahasa bersama. Sama seperti sebuah Negara yang memerlukan bahasa persatuan begitu juga yang terjadi di dunia internasional. Dunia memerlukan bahasa pemersatu atau bahasa bersama yang dapat dipakai secara bersama-sama dan dipahami oleh banyak Negara sehingga antar warga dunia dapat berkomunikasi dengan bahasa yang dapat dimengerti mengkin itulah penjelasan singkat mengenai Lingua Franca.

Berdasarkan urutannya ternyata bahasa inggris bukan bahasa bersama atau lingua franca pertama di dunia. Sebelumnya ada bahasa arab, latin dan juga bahasa portugis. Bahasa arab digunakan oleh para pedagang dan saudagar arab yang saat itu masih jamannya melakukan perdagangan sebagai bahasa bersama, seiring berjalannya waktu dan pengantian abad akhirnya bahasa latin dipergunakan sebagai lingua franca hal itu bisa dilihat dari berbagai bahasa didunia yang diambil dari bahasa asal yaitu bahasa latin. 

Mayoritas bahasa di dunia ini sebenarnya adalah pengubahan dari bahasa latin seperti ilmu yang diambil dari bahasa latin yaitu logos dan berbagai bahasa pokok lainnya. Bahasa latin muncul seiring banyaknya penemuan penemuan yang terjadi di dunia. Kemudia pada akhirnya inggris berhasil menguasai banyak Negara jajahan di dunia sehingga mayoritas Negara jajahannya sudah awam dengan bahasa inggris dan seiring berjalannya waktu akhirnya kini bahasa inggris menjadi Lingua Franca atau bahasa bersama yang digunakan mayoritas bangsa dunia sebagai bahasa yang wajib digunakan sebagai bahasa yang ada untuk komunikasi internasional. 

Mungkin memang sudah seharusnya bangsa dunia memiliki satu bahasa yang sama agar tidak ada kerancuan antar manusia di dunia, jika tidak ada lingua franca mungkin antara satu Negara dengan Negara lain tidak dapat berkomunikasi dengan baik atau bahkan tidak akan terjadi sosialiasi di antara Negara Negara yang bukan Negara serumpun itulah historikal komunikasi internasional dalam bahasa inggris sebagai bahasa bersama

Referensi:

Keraf, samapra. 2005. Kadhipta. Jakarta: Balai Pustaka

https://pascapbi.uad.ac.id/beberapa-alasan-mengapa-bahasa-inggris-menjadi-bahasa-internatioanal/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline