Perkembangan jaman yang sangat cepat saat ini tentunya akan selalu memicu bermunculan tren-tren baru yang dianggap eksis dimasa itu. Perkembangan ini dapat bermunculan dari segala macam ide, mulai dari teknologi hingga cara seseorang berpenampilan. Setiap perkembangan tersebut, tentu pula akan menimbulkan rasa ketertarikan tersendiri bagi seseorang yang melihat dan dapat dianggap keren jika mengikuti alur perkembangan tren tersebut.
Maka bermula dari hal itu, banyak orang-orang berlomba-lomba mengikuti perkembangan tren tersebut, terutama kalangan remaja yang sifatnya penasaran akan suatu hal untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Salah satu perkembangan yang dominan terlihat adalah cara berpakaian atau Fashion.
Fashion seolah-olah telah menjadi sebuah ciri khas dan kepribadian mereka. Fashion yang sering digunakan oleh anak-anak muda jaman sekarang yang meliputi baju, celana, rok, sepatu dan aksesoris lainnya.
Terutama sepatu kasual memiliki nilai tersendiri bagi penggunanya tidak hanya nyaman digunakan dalam berbagai suasana dan gaya kasual ataupun formal, sepatu selalu menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk memilihnya dalam memadukan berpakaiannya, Ada juga yang hanya ingin tampil modis, yang kadang mengorbankan kenyamanan atau tak masalah kaki lecet asal tetap tampak keren dengan sepatu model terbaru.
Guna membawa angin baru atas perkembangan jaman terhadap dunia Fashion untuk memberikan kenyamanan, tampil modis, dan tetap terlihat good looking, kami menawarkan sebuah produk sepatu yang tidak hanya nyaman saat digunakan tetapi memiliki desain up-to-date yang unik dengan membawa motif-motif nusantara dari kain tenun ataupun batik dari berbagai daerah di Indonesia pada sepatu tersebut sehingga memberikan value added dalam memadukannya dalam berpakaian.
Business Model Canvas terdiri dari sembilan elemen yaitu customer segments, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key activities, key resources, key partenerships, dan cost structures. Berikut adalah Business Model Canvas dari rencana bisnis Sepatu Casual Cita Rasa Nusantara yang ingin dikembangkan:
1. Customer Segments
Customer Segments merupakan penjelasan mengenai karakteristik target pasar yang akan disasar adalah pria atau wanita remaja hingga dewasa yang memiliki kebutuhan akan menggunakan sepatu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan desain khas bernuansa kebudayaan Indonesia dan juga senang akan memadukan pakaiannya dengan sepatu kasual. Pada kelas segmen menargetkan mereka yang memiliki penghasilan diatas Rp 500.000,- karena harga produk yang di produksi menyesuaikan kain tenun atau kain baik yang digunakan saat produksinya dan sehingga memberikan banyak pilihan bagi pembeli.
2. Value Proposition
Value Proposition adalah keunggulan pada produk sandal kami yang bermanfaat akan kenyamanannya. nilai-nilai apa yang akan saya berikan melalui produk sepatu kasual ini:
- Design
Desain yang unik untuk sebuah sepatu kasual dari yang biasa di pasaran pada umumnya dimana terdapat nuansa nusantara, dengan sentuhan manis dari para produsen kain tenun atau kain batik yang diberikan untuk sepatu kasual ini sehingga adanya nilai tambah kecintaan seseorang akan kebudayaan lokal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
- Harga Terjangkau