Lihat ke Halaman Asli

Hadi Jakariya

Freelancer

Gajah Sumatera Berumur 45 Tahun di TN-Way Kambas Tewas

Diperbarui: 24 Juni 2023   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim dokter hewan tengah melakukan nekropsi bangkai gajah di PLG, Taman Nasional Way Kambas/ Zakaria

Seekor gajah Sumatera berumur 45 tahun yang ada di wilayah konservasi, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, tewas di lokasi pusat latihan gajah (PLG), usai mengalami kondisi sakit sejak lama.

Humas Balai TNWK Sukatmoko mengungkap, mengenai kondisi gajah jantan bernama Mambo itu pertama kali diketahui oleh mahout yang hendak melakukan perawatan rutin di lokasi pusat pelatihan gajah (PLG).

"Susah untuk bangun. Kemudian coba berusaha untuk diberikan bantuan pengobatan secara medis oleh dokter," kata Sukatmoko, saat ditemui di Balai TNWK, Jumat (23/06/2023).

Saat dilakukan proses upaya penyelamatan oleh tim dokter hewan, gajah tersebut sempat dapat berdiri namun selang beberapa menit kemudian terbaring kembali hingga akhirnya tewas, "Pada pukul 07.10, gajah tidak bisa ditolong," pungkasnya.

Selanjutnya, bangkai gajah dilakukan proses investigasi medis (nekropsi) oleh tim dokter hewan. Mereka mengambil sebagian organ dalamnya seperti paru-paru, ginjal, dan hati.

"Untuk diketahui secara pasti sakitnya, dokter hewan yang ada di rumah sakit gajah, dokter Esti, dan dibantu oleh dokter-dokter yang ada di Suaka Rhino Sumatera, serta ada beberapa mahasiswa kedokteran hewan dari Universitas IPB yang kebetulan ada magang di Way Kambas, membedah gajah tersebut untuk diambil bagian dalamnya," kata Sukatmoko.

Sementara mengenai tujuan pengambilan organ dalam bangkai gajah tersebut, kata Sukatmoko, untuk dilakukan proses laboratorium guna mengetahui penyakit yang menyebabkan kematianya.

"Ya, sekarang masih dalam proses, dan itu tentu, kita akan melakukan itu nanti dengan laboratorium," jelasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline