Lihat ke Halaman Asli

Alfamart dan yang Satunya Lagi Menerangi Jalanku...

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pernahkah Anda membaca plang : "Jalan ini dibangun dari pajak yang Anda bayar"? Ternyata pajak yang kita bayarkan selain untuk membayar gaji PNS, TNI dan Polri juga untuk pembangunan infrastruktur dan pemeliharaanya (teorinya sih gitu). Begitu juga pajak kendaraan dan denda tilang yang kita bayarkan (yang syah ya) juga katanya buat pembangunan jalan, pemeliharaan rambu dan operasional polisi.

Mungkin bagi Anda yang tinggal di Jakarta jalan-jalan sangat bagus kwalitasnya, penerangan jalan di malam hari juga bagus, begitu juga rambu-rambu dan marka jalan yang memadai. Tapi bagi yang tinggal di pinggiran Jakarta seperti aku, harus sedikit kecewa. Masih banyak jalan-jalan rusak, berlobang, dan bergelombang. Kalau malam tidak ada lampu yang menerangi, sungguh gelap gulita. Kadang aku heran kenapa ya ada tiang-tiang listrik dan ada lampunya tapi tidak menyela atau menyala tapi watt-nya sangat kecil sehingga kesannya remang-remang. Apakah tidak ada biaya untuk perbaikan dan pemeliharaan? Atau mungkin diputus sama PLN karena tidak pernah bayar listrik?

Setiap hari aku pulang kerja melewati Kota Depok dan wilayah Kabupaten Bogor dengan mengendari motor. Hampir pasti aku harus ekstra hati-hati kalau melewati jalanan yang rusak dan tidak ada penerangan setelah hari gelap. Seperti tadi di wilayah Depok motorku menabarak tanggul yang dibuat warga setempat. Hampir saja aku jatuh karena kecepatannya antara 50 sampai 60 KM perjam. Kalau malam tanggul atau polisi tidur serta lobang yang menganga tidak terlalu jelas terlihat karena pengendara silau oleh lampu kendaraan dari arah berlawanan. Akibatnya kita konsentrasi pada  kendaraan kita dan tidak sempat melihat kebawah.

Untunglah di beberapa bagian jalan yang gelap ada Alfarmart dan  mart yang satunya lagi. Aku sangat tertolong dengan toko-toko ini karena memberikan penerangan "gratis". Aku salut sama toko seperti Alfamart yang menggunakan penerangan yang sempurna, tidak setengah-setengah seperti lampu di tiang-tiang listrik yang nyala tapi dengan watt yang kecil. Andai banyak toko-toko di pinggir jalan (bukan jalan utama) yang menggunakan lampu penerangan yang besar seperti yang digunakan Alfamart, aku yakin kita tidak butuh penerangan dari pemerintah daerah. Terima kasih Alfarmart telah menerangi jalanku..,




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline