Lihat ke Halaman Asli

Cara menjawab "Jam Berapa" dalam Bahasa Inggris (+video Youtube)

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14253970951593266661

Dalam Bahasa Inggris ada beberapa cara dalam menanyakan waktu/pukul/jam seperti, what time is it? What is the time? Have you got the time? dan beberapa pertanyaan yang lain. Tetapi yang paling familiar bagi kita adalah 'what time is it?' Kemudian bagaimana cara menjawabnya? Kalau jarum panjangnya tepat di angka 12 kita katakan o'clock. Misalnya jarum pendek ke angka 5 dan jarum panjang tepat di angka 12, maka kita katakan, it's five o'clok. Dalam Bahasa Inggris tidak ada pukul 13 karena Orang Inggris hanya  menggunakan angka 1 sampai 12. Lalu bagimana cara membedakan pukul 7 pagi dan 7 malam? Kita bisa katakan it's seven o'clok in the morning atau it's seven am, jika itu pukul 7 pagi, dan it's seven o'clock in the evening atau it's seven pm, jika itu pukul 7 malam. Ingat kita tidak boleh mengatakan it's seven o'clock pm.

Sekarang bagaimana seandinya jarum panjangnya tidak menunjuk ke arah 12? Ternyata ada dua cara menyatakannya. Cara pertama lebih mudah karena kita menyebutkan pukul/jam kemudian menitnya. Contoh , 10 : 15 = it's ten fifteen, 8 : 20 = it's eight twenty, 9 : 45 = it's nine forty five. Cara kedua itu lebih sulit karena kita menyebutkan menitnya dulu kemudian jam-nya. Jika jam dinding kita belah dua, maka yang sebelah kanan kita sebut 'past' atau 'after' jadi dari menit pertama sampai menit ke 30 kita katakan 'past' tapi ingat kita sebutkan menitnya terlebih dahulu baru kemudian jam-nya. Contoh, 7 : 10 = it's ten past seven, 2 : 25 = it's twenty five past two, 6 : 15 = it's a quarter past six. Oh ya, jika jarum panjangnya ke angka 6 kita katakan ' a hallf' dan jika jarum panjangnya ke arah angka 3 atau 9 kita katakan 'a quarter' yang artinya seperempat.

Jika tadi saya jelaskan belahan jam dinding sebelah kanan yang menggunakan 'past' atau 'after', sekarang kita pindah ke belahan jam dinding yang sebelah kiri. Kita menggunakan kata 'to' yang artinya menuju, kemudian ditambah satu. Lho kok ditambah satu? Iya, karena kita hitung dari menit ke 31 sampai menit ke 60. Contoh, 4: 50 = it's ten to five, artinya sepuluh menit menuju pukul lima, 2 : 40 = it's twenty to three, artinya duapuluh menit menuju pukul tiga, 10 : 45 = it's a quarter to eleven, artinya limabelas menit menuju pukul sebelas, dan seterusnya. Sebagai tambahan, jika menitnya bukan kelipatan 5 (5,10,15,20 dan seterusnya) kita harus gunakan kata 'minute(s)'. Contoh 2 : 21 = it's twenty one minutes past two, 5 : 51 = it's nine minutes to six.

Agar lebih jelas silakan Anda lihat gambar berikut...

Bagi yang ingin menyaksikan videonya di Youtube silakn klik tautan berikut  : TELLING TIME, dan ada juga latihannya di tautan berikut : TELLING TIME, EXERCISE WITH ANSWER.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline