Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk di SMP Negeri 1 Depok. Salah satu materi yang diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah Narrative Text, yang mencakup cerita atau narasi yang menarik. Namun, seringkali siswa mengalami tantangan dalam memahami dan mempelajari materi naratif teks ini, yang kemungkinan disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi belajar mereka.
Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, media digital storytelling telah menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media ini memiliki potensi besar untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa, karena dapat menyajikan cerita dalam format yang visual dan interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penggunaan media digital storytelling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris materi Narrative Text di kelas VIII SMP Negeri 1 Depok.
Dengan latar belakang ini, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi narrative text dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H