Lihat ke Halaman Asli

Hadi Shang

Wiraswasta

Kembali ke TIM Bersama Kabaret KETAPELS

Diperbarui: 26 Februari 2024   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabaret KETAPELS (dok. Ketapels)

Bulan September 2023 yang lalu menjadi momen yang tak terlupakan bagi saya. Di bulan tersebut saya  bersama Kabaret KETAPELS tampil di panggung Festival Literasi Jakarta, membawakan drama musikal "Bukan Sangkuriang Biasa."

KETAPELS adalah Komunitas Kompasianer Tangerang Selatan Plus. Artinya kumpulan penulis di Kompasiana yang tinggalnya di Tangerang Selatan dan sekitarnya. Nah, Kabaret KETAPELS merupakan bagian dari kegiatan seni yang digagas oleh ketua KETAPELS  (Denik) untuk mengisi panggung Festival Literasi Jakarta 2023.

KETAPELS pada waktu itu menjadi salah satu komunitas yang terpilih untuk mengisi kegiatan Festival Literasi Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM). Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta. Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional.

Sementara drama musikal "Bukan Sangkuriang Biasa" disutradarai oleh Iswadi Suhari. Salah satu anggota KETAPELS.

Drama musikal dengan unsur komedi ini mampu membuat para penonton bergemuruh. Bagaimana tidak? Sangkuriang yang merupakan cerita rakyat asal Jawa Barat. Legenda Tangkuban  Perahu dibawakan secara parodi.

Contohnya Sangkuriang kecil yang memanggil ibunya Dayang Sumbi dengan sebutan mami. Kemudian ada iringan musik, gerak, dan tari juga. Pokoknya secara panggung seni bisa dibilang cukup oke dan menghibur. 

Padahal dibalik itu semua ada persiapan yang mepet. Waktu latihan yang Flazz. Pokoknya serba cepat. Meski demikian para pemain tidak main-main dalam melakukan tugasnya. Seperti saya yang mendapat peran Sangkuriang dewasa. 

Sebagai Sangkuriang Dewasa bersama Dayang Sumbi (dok. Ketapels)

Selain harus menghapalkan dialog, gerak dan tari. Saya juga harus menghapalkan lirik lagu. Karena dalam adegan di atas ada scene dimana saya merayu Dayang Sumbi lewat lagu "Sayang" yang dipopulerkan oleh Via Vallen.

Meski agak sulit karena dibuat nge-rap dan waktunya sedikit. Tapi syukur alhamdulilah semua berjalan lancar. Acara Festival Literasi Jakarta berjalan lancar. Penampilan Kabaret KETAPELS pun luar biasa. 

Dan ini merupakan panggung pertama saya bersama kabaret KETAPELS. Semoga akan ada panggung lain yang bisa saya jajaki. Ternyata asik juga melakoni seni peran ya? Dunia yang sempat digeluti saat sekolah dengan berlatih teater di TIM. 

Setelah puluhan tahun berlalu, saya menjejakkan kaki lagi di TIM. Rasanya tidak percaya. Tapi inilah kenyataannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline