Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Indonesia Kini di "Pole Position", tapi Jalur ke Semifinal Masih Terjal

Diperbarui: 13 Desember 2021   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemenangan atas Laos membuat Indonesia kini berpeluang besar ke semifinal Piala AFF 2020. Tapi, jalan masih terjal/Foto: Antara/Humas PSSI

Kemenangan 5-1 Timnas Indonesia atas Kamboja dan keberhasilan Vietnam membekuk Malaysia 3-0, Minggu (12/12) malam membuat persaingan di Grup B Piala AFF 2020 semakin memanas.

Persaingan kini mengerucut pada Indonesia, Vietnam, dan Malaysia yang memperebutkan dua 'tiket' lolos ke babak semifinal. Ini seperti prediksi sebelum turnamen dimulai.

Sementara Laos dipastikan tersingkir usai kalah beruntun di tiga pertandingan. Adapun Kamboja yang telah kalah dua kali dan minus empat gol, sepertinya bakal bernasib sama.

Lalu, siapa di antara Indonesia, Vietnam, dan Malaysia yang bakal lolos ke semifinal? Dengan kata lain, siapa satu di antara tiga tim ini yang akan tersingkir.

Hasil tadi malam membuat Indonesia dan Vietnam kini berada dalam situasi di atas angin dibandingkan Malaysia.

Sebab, Indonesia dan Vietnam masih memiliki dua pertandingan. Sementara Malaysia hanya punya satu pertandingan sisa. Meski segala sesuatu bisa terjadi.

Indonesia kini memimpin klasemen Grup B

Ya, ibarat balapan MotoGP di lintasan sirkuit, pesta gol Indonesia ke gawang Laos tadi malam membuat Tim Garuda kini berada di pole position alias garis terdepan balapan dalam upaya lolos ke semifinal.

Sebagai informasi, Piala AFF 2020 menerapkan aturan selisih gol sebagai rujukan utama setelah jumlah poin untuk menentukan posisi di klasemen bila dua atau tiga tim memiliki poin yang sama. Bila selisih gol ternyata sama, jumlah gol memasukkan jadi rujukan berikutnya. Jadi bukan head to head.

Nah, merujuk aturan itu, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan sangat diuntungkan oleh pesta gol ke gawang Laos.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline