Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Liga Serie A Italia Dimulai, Mourinho, dan Reuni Pelatih-pelatih Lawas

Diperbarui: 21 Agustus 2021   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jose Mourinho kembali ke Liga Italia. Dia kini melatih AS Roma. Mourinho pernah membawa Inter Milan meraih treble winners/Foto: reddevilarmada.com

Kompetisi Liga Serie A Italia musim 2021/22 akan dimulai akhir pekan ini. Inter Milan sebagai juara bertahan akan membuka kompetisi dengan menjamu tamunya, Genoa, Sabtu (21/8) malam nanti.

Dibandingkan musim lalu, ada banyak yang berubah dari 'wajah' Liga Italia. Beberapa klub berganti pelatih, pemain berganti klub, hingga pemain tenar yang tidak lagi main di Italia.

Ya, ada beberapa klub yang melakukan pergantian pelatih demi menyambut musim baru. Sebenarnya itu hal wajar. Namun, karena yang berganti pelatih adalah klub-klub besar, kabar itupun menjadi sorotan media.

Kita tahu, dari tujuh klub top Italia saat ini, lima klub di antaranya akan dilatih oleh pelatih baru. Inter Milan, Juventus, AS Roma, Napoli, dan Lazio. Hanya AC Milan dan Atalanta yang tidak berganti pelatih.

Dari dinamika pergantian pelatih yang terjadi, yang menarik adalah kembalinya wajah-wajah lama. Mereka yang dulunya pernah dieluk-elukkan berkat pencapaian apiknya di Liga Italia, kembali usai sempat berpisah.

Mourinho kini melatih AS Roma

Sorotan paling mencolok adalah kembalinya Jose Mourinho. Pelatih top asal Portugal ini kini melatih AS Roma.

Memang, dalam beberapa tahun terakhir, sang pelatih yang menyebut dirinya Special One ini dianggap mulai kehilangan keistimewaannya.

Di klub terakhir yang dilatihnya, Tottenham Hotspur, Mourinho hanya bertahan tujuh bulan sebelum dipecat pada 19 April 2021 lalu. Ironisnya, pemecatan itu terjadi hanya beberapa hari jelang Tottenham tampil di final Piala Liga.

Namun, di Liga Serie A Italia, Mourinho punya reputasi bagus. Bahkan sangat bagus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline