Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Tampil Serius di Europa League, MU Kini Realistis di Liga Inggris?

Diperbarui: 20 Februari 2021   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skuad Manchester United saat merayakan salah satu gol ke gawang Real Sociedad pada leg pertama 32 besar Liga Europa yang berlangsung di Juventus Stadium, Jumat (19/2/2021) dini hari WIB.| Sumber: AFP/MARCO BERTORELLO via Kompas.com

MELIHAT penampilan Manchester United di leg pertama babak 32 besar Europa League, Jumat (19/2) dini hari tadi, jangan kaget bila nanti mendapati kabar United bakal tampil di babak final pada beberapa bulan ke depan.

Dari penampilan solid yang berujung kemenangan telak itu, kita bisa menyebut, kompetisi "kelas dua" di Eropa ini kini menjadi target prioritas Tim Setan Merah di sisa kompetisi musim 2020/21.

Ada beberapa alasan untuk menguatkan dugaan bahwa Europa League kini menjadi incaran utama Manchester United (selanjutnya saya tulis MU). Dari alasan sakit hati dan penasaran. Hingga alasan gengsi dan realistis.

Sakit hati?

Benar. Masih lekat dalam ingatan pemain-pemain MU dan juga fans MU di manapun, bagaimana rasa sakit tersingkir dari kompetisi Eropa ketika sudah sangat dekat dengan peluang meraih gelar.

Bila sampean (kalian) belum lupa, musim lalu, MU nyaris tampil di laga final Europa League 2020. Sudah sangat dekat.

Sayangnya, meski diunggulkan, mereka tersingkir di semifinal. MU kalah 1-2 dari Sevilla. Tim Spanyol itu yang akhirnya jadi juara.

Kekalahan itu masih diingat Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer. Dia masih belum move on. Ole mungkin masih sulit melupakan kekalahan itu.

"Kalah di semifinal musim lalu sungguh menyakitkan. Tentu saja, kami ingin melakukan yang lebih baik di musim ini," ujar Solskjaer dikutip dari uefa.com.

Menang 4-0 atas Real Sociedad, MU Berpeluang ke Babak 16 Besar

Bruno Fernandes dan kawan-kawan merayakan gol yang dicetak ke gawang Real Sociedad. Manchester United menang 4-0 atas Sociedad di laga Leg I babak 32 besar Liga Europa, Jumat (19/2) dini hari tadi/Foto: www.skysports.com

Sebenarnya, MU di musim 2020/21 ini tidak langsung tampil di Europa League--yang oleh netizen acapkali disebut liga malam Jumat. MU mengali penampilan di Liga Champions. Kompetisi nomor satu bagi klub-klub elit di Eropa.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline