Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Awal Bulan, Pentingnya Introspeksi, dan Menumbuhkan Motivasi

Diperbarui: 3 Agustus 2020   19:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awal bulan menjadi periode tepat untuk melakukan introspeksi perihal apa yang sudah kita kerjakan selama sebulan lalu, lantas menumbuhkan motivasi baru/Foto: https://sepositif.com/

Selamat datang Agustus. Awal bulan itu bijaksana. Dia bisa mengingatkan sekaligus memotivasi kita. Dia bisa menyemangati kita untuk melakukan hal yang lebih baik, utamanya merujuk dari apa saja yang telah kita lakukan di bulan sebelumnya.

Bila sebulan kemarin kita merasa telah melakukan banyak hal "sesuai rencana", seperti target pekerjaan tercapai, atau keinginan memulai rencana lama sudah berjalan, maka awal bulan akan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi di bulan baru.

Namun, bila kita kecewa karena merasa belum bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan di bulan kemarin, cukuplah awal bulan menjadi semangat untuk melakukan perbaikan.

Tidak perlu lesu semangat. Tidak perlu merasa gagal. Apalagi menyerah. Sebab, bilapun kita mungkin gagal karena ada target yang tidak tercapai, toh kegagalan itu sifatnya sementara.

Dia (kegagalan) bisa berubah selama ada keinginan mengubahnya. Mumpung awal bulan, waktunya menumbuhkan keinginan menjadi lebih baik.

Keinginan untuk mewujudkan mimpi juga janji yang ingin dicapai. Persis seperti lirik lagu "Sementara" nya Float yang nge-hits itu.

Sementara

Teduhlah hatiku

Tidak lagi jauh

Belum saatnya kau jatuh

Sementara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline