Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Kita dan Imbauan Work from Home vs Work for Home

Diperbarui: 25 Maret 2020   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejak pekan lalu, pemerintah memberikan imbauan untuk bekerja dari rumah (work from home). Namun, tidak semua orang bisa bekerja dari rumah. Ada yang masih harus bekerja di luar rumah demi menghidupi anak dan istri di rumah/Foto: www.review1st.com

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa punya kalimat menarik untuk mengingatkan warganya agar tetap berada di rumah guna menekan penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di wilayah yang dipimpinnya.

Mantan menteri sosial ini berujar begini. "Ingat, kamu bukan superhero?" ujar Khofifah.

Bu gubernur mengingatkan warganya untuk lebih banyak berdiam di rumah. Agar tidak memaksakan keluar rumah bila memang tidak ada keperluan penting. Sebab, mereka bukan superhero yang punya antibodi super sehingga kebal terhadap Covid-19.

Imbauan bu gubernur itu berkaitan dengan dua ajakan yang sempat viral sejak pekan lalu. Ajakan untuk bekerja dari rumah yang merupakan 'turunan' dari ajakan tetap berada di rumah. Dua ajakan itu punya tanda pagar (#) populer: #WorkFromHome dan #StayAtHome.

Kita tahu, kampanye swaisolasi di rumah ini merupakan bagian dari ajakan untuk menjaga jarak dengan banyak orang (social distancing). Serta, menghindari kemungkinan berkerumun dan berkumpul dengan banyak orang yang berpotensi menjadi ruang penularan Covid-19.

Tentu saja, ajakan tersebut bagus. Ada banyak manfaatnya. Selain mencegah penularan Covid-19, dengan bekerja di rumah dan juga anak-anak "sekolah di rumah", maka keluarga bisa beraktivitas bersama di rumah. Kedekatan dan kebersamaan dalam keluarga pun kembali tercipta.

Bagi sebagian orang, kebersamaan seperti itu "mahal". Langka. Terlebih bagi para ayah yang selama ini bekerja berangkat sangat pagi dan pulang larut malam. Sehingga ketika berangkat kerja, dia hanya melihat anak-anaknya masih tidur. 

Begitu juga ketika kembali ke rumah, anaknya sudah terlelap. Karenanya, imbauan work from home itu bisa menjadi berkah.

Dilema Work From Home dan Work For Home
Namun, tidak semua orang bisa merasakan nikmatnya work form home alias WFH tersebut. Sebab, tidak semua jenis pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah. Malah, ada cukup banyak jenis pekerjaan yang harus dikerjakan di luar rumah. Harus ke luar rumah bila ingin bekerja.

Kita tahu, kerja di/dari rumah ini umumnya bisa dilakukan oleh kalangan aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, guru, dosen, ataupun pegawai swasta perusahaan besar yang sistem kerja di kantornya sudah keren sehingga memungkinkan untuk bekerja di rumah.

Seperti kemarin, ada kawan yang bekerja sebagai ASN di Pemerintah Kota Surabaya yang menyebut suasana di kantornya kini sepi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline