Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

Liverpool dan Peluang "Berlari Menjauh" di Malam Boxing Day

Diperbarui: 26 Desember 2018   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Roberto Firmino, siap tampil menghadapi Newcastle United/Foto: Twitter Liverpool

Sampean (Anda) masih ingat dengan Wayne Rooney? Meski tidak lagi bermain di Liga Inggris, Rooney ternyata masih perhatian pada liga sepak bola di negaranya tersebut. 

Akhir pekan kemarin, Rooney yang kini main di liga sepak bola Amerika Serikat, ikut berkomentar perihal rivalitas Liverpool dan Manchester City dalam perburuan gelar Liga Inggris ini.

Dan, sebagai pemain yang dibesarkan oleh Everton (yang merupakan city rivalnya Liverpool) dan juga besar di Manchester United (yang merupakan old rival-nya Liverpool), Rooney rupanya masih "alergi" pada Liverpool. Ketidaksukaan pemain berusia 33 tahun ini pada Liverpool, tercermin dari ucapannya yang dikutip oleh beberapa media.

Rooney berujar begini "Saya masih berpikir (Manchester) City akan menjuarai Premier League, mengingat lebih dari 10 tahun terakhir, saya melihat ada satu tim yang sudah dua kali gagal juara meski memimpin klasemen di saat natal dan itu adalah Liverpool".

Bagi para pendukung Liverpool, komentar Rooney itu bentuk kenyinyiran. Seolah dia tidak pernah percaya, Liverpool akan bisa menjuarai Liga Inggris musim 2018/19 ini. Padahal, Liverpool kini memimpin klasemen dengan cukup nyaman.

Ya, setelah selama beberapa pekan berkejar-kejaran sengit dengan Manchester City di puncak klasemen, akhir pekan kemarin, Liverpool akhirnya meninggalkan Manchester City. Liverpool menyambut periode natal dengan unggul 4 poin dari Manchester City. Liverpool 48 poin dan Manchester City 44 poin dari 18 pertandingan.

Menjauhnya Liverpool dari kejaran Manchester City itu terjadi setelah di luar dugaan, Manchester City yang dilatih pep Guardiola, takluk di kandang sendiri 2-3 dari Crystal Palace. Sementara Liverpool menang 2-0 di markas Wolverhampton pada Sabtu (22/12/2018).

Toh, seperti ujaran Rooney, selisih 4 angka itu belum membuat Liverpool mendapat jaminan juara di akhir musim. Masih ada 20 pertandingan tersisa. Dua di antaranya dimainkan pada sisa akhir tahun ini. Ya, periode natal dan pergantian tahun selalu menjadi periode sibuk bagi pesepak bola di Liga Inggris.

Rabu (26/12/2018) malam nanti, Liga Inggris akan memainkan pertandingan Boxing Day alias laga yang dimainkan sehari setelah natal. Sebanyak tujuh pertandingan akan dimainkan malam nanti. Dua diantaranya yakni Liverpool menjamu Newcastle United dan Manchester City away ke markas Leicester City.

Pertandingan melawan Newcastle United nanti malam akan menjadi kesempatan bagi Liverpool untuk terus memimpin klasemen dan menjaga jarak dari kejaran Manchester City.

Dan Rooney memang benar. Ini bukan kali pertama, Liverpool memimpin klasemen pada periode natal. Sebelumnya, di era Premier League, Liverpool juga pernah dua kali ada di puncak jelang pergantian tahun. Namun, di akhir musim di bulan Mei, The Reds gagal juara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline