Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Bantuan Alat atau Benda

Diperbarui: 3 Februari 2017   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang Masalah             

Pendidikan merupakan suatu usaha yang harus dibangun dan terencana untuk mewujudkan proses belajar dan pembelajaran yang efektif agar siswa menjadi aktif dalam mengembangkan potensi, kecerdasan, akhlak yang baik, keagamaan, serta masyarakat bangsa dan negara. Pada saat ini di era globalisasi suatu pendidikan sangatlah penting untuk mewujudkan suatu kemajuan dan juga perkembangan teknologi. Dengan adanya pendidikan, sumber daya manusia juga bisa berkembang ke arah hal yang lebih baik pula. Yang mana pendidikan adalah proses belajar mengajar di kelas dapat berlangsung dengan baik.

Rumusan Masalah

1. Bagaimana proses pembelajaran dengan mengunakan bantua alat atau benda?

2. Bagaimana peningkatan minat belajar dengan menggunakan bantuan alat atau benda?

Tujuan

1. Untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan memanfaatkan bantuan alat atau benda.

2. Untuk mengetahui minat belajar IPA dengan memanfaatkan bantuan alat atau benda.

Landasan Teori

Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak dia masih bayi hingga ke liang lahat nanti. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (efektif). (Arif, 2012: 2)

Minat secara etimologi berasal dari bahasa inggris “interest” yang berarti kesukaan, perhatian (kecenderungan hati pada sesuatu), keinginan. Jadi dalam proses belajar siswa harus mempunyai minat atau kesukaan untuk mengikuti kegiatan belajar yang berlangsung, karena dengan adanya minat akan mendorong siswa untuk menunjukkan perhatian, aktivitasnya dan partisipasinya dalam mengikuti kegiatan belajar yang berlangsung. (Purwadarminta, 1971:650)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline