Lihat ke Halaman Asli

Habib Muhammad Mirza

Mahasiswa UIN Walisongo

Kelompok 90 KKN RDR UIN Walisongo, Napak Tilas Ulama' Kendal

Diperbarui: 4 Oktober 2020   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. KKN

Sabtu 3 Oktober 2020, kelompok 90 KKN Reguler dari Rumah UIN Walisongo yang berasal dari kendal, melaksanakan Khatmil Qur'an. Pembacaan Al-Qur'an ini dilakukan bersama di serambi Masjid Besar Al-Muttaqin Kaliwungu. Dibimbing oleh Ibu Dr. Lianah, M.Pd. sebagai dosen pembimbing, kegiatan ini disambung dengan berziarah ke makam auliya' yang ada di Kendal.

Jabal, menjadi tempat napak tilas yang ada di Kaliwungu. Ulama-ulama yang di makamkan di sini, memiliki peran besar dalam penyebaran Agama Islam di Kota Kendal. Sehingga banyak peziarah dari penjuru daerah yang datang untuk meminta berkah dengan berdoa disana. Begitupun dengan kelompok 90 KKN UIN Walisongo yang meminta berkah untuk kelancaran selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di Kendal.

Meskipun adanya pandemi Covid 19 aktifitas ziarah di Jabal masih tetap berjalan, sebagaimana yang disampaikan oleh juru kunci makam KH. As'ari/ Kyai Guru. Bahkan dalam pembicaraan antara kami dengan beliau, jumlah peziarah ke makam  tiap tahunnya terus  meningkat. Tentunya selama berziarah ini, semua pengunjung di wajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Selain daripada Jabal, Kelompok 90 KKN UIN Walisongo juga berziarah ke makam Wali Joko dan Wali Gemyang yang ada di Kota Kendal. Diketahui bahwa kedua Wali ini sangat berperan bagi terbentuk dan berdirinya Kota Kendal. Disampaikan oleh penjaga makam, peran dari Wali Gemyang sangat besar bagi Kendal dan masyarakatnya, bahkan masih dapat dirasakan manfaatnya sampai sekarang, yakni berupa sungai yang terbentang dari Kedung Pengilon, Brangsong sampai daerah Utara Kendal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline