Begitu penekanan perencanaan dan peninjauan kinerja bergeser dari penilaian orang dan kepribadian ke penilaian kinerja terkait pekerjaan, kita harus memikirkan aspek kinerja apa yang akan ditinjau. Hal apa yang paling penting? apakah yang paling penting untuk fokus pada apa yang dicapai?
Jika demikian, tinjauan dan diskusi kinerja mungkin akan berkonsentrasi pada hal-hal seperti tenggat waktu, target penjualan, dan tingkat volume produksi. Perencanaan kinerja dan sistem tinjauan mungkin akan berorientasi pada hasil
Perencanaan kinerja dan sistem peninjauan yang berfokus pada konten pekerjaan aktual dan perilaku pekerjaan aktual, lebih disukai dengan standar atau target kinerja yang telah ditentukan, lebih mungkin untuk menghindari masalah bias dan diskriminasi
Semua metode tinjauan kinerja memiliki kelebihan dan kekurangan. Tujuannya adalah untuk memilih satu yang memenuhi kebutuhan dan keadaan organisasi dan karyawannya, mengingat bahwa solusi terbaik mungkin melibatkan penggabungan dua atau lebih teknik yang berbeda.
Pertimbangkan masalah ini :
- Sumber daya apa yang dimiliki organisasi untuk pengembangan dan implementasi sistem manajemen kinerjanya? Sumber daya apa yang bersedia untuk komitmen terutama biaya dan waktu untuk proses ini?
- Apa tujuan dari sistem? Apakah penekanannya menilai kinerja pada masa lalu, merencanakan kinerja masa depan atau menilai potensi karyawan?
- Apa sumber daya manusia organisasi dan strategi, kebijakan dan program manajemen lainnya? Bagaimana perencanaan kinerja dan sistem tinjauan cocok dengan pendekatan keseluruhan untuk kinerja dan manajemen orang?
- Karyawan mana yang akan dicakup oleh sistem baru? Apa sifat pekerjaan mereka, lingkungan kerja mereka dan hubungan kerja mereka?
- Seberapa besar dan canggih organisasi itu? Apa yang disarankan tentang tingkat sistem dan kecanggihan yang sesuai untuk perencanaan dan tinjauan kinerja?
- Apa filosofi dan program pelatihan dan pengembangan organisasi? Bagaimana mereka dikaitkan dengan perencanaan kinerja dan sistem tinjauan?
- Pengalaman apa yang dimiliki organisasi tentang perencanaan dan tinjauan kinerja? Bagaimana perasaan orang tentang sistem seperti itu? Keahlian apa yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi?
Keandalan dan validitas memiliki arti khusus ketika kita membahas kegunaan dan efektivitas penilaian kinerja atau instrumen pengukuran. Keandalan menggambarkan seberapa baik instrumen menghasilkan data yang konsisten dari waktu ke waktu.
Dengan kata lain, apakah itu akan menggambarkan perilaku yang sama dalam istilah yang sama pada kesempatan yang berbeda, atau memberikan kinerja yang sama dengan peringkat yang sama pada waktu yang berbeda? Validitas berkaitan dengan apa yang diukur oleh suatu instrumen atau metode dan seberapa baik alat itu melakukan pengukuran itu.
Orang-orang yang berkinerja akan ditinjau dan akan mendapat manfaat dari beberapa pelatihan juga. Komunikasi yang efektif adalah proses dua arah.
Beberapa organisasi memberi karyawan waktu satu atau dua hari lokakarya yang dirancang untuk memperkenalkan mereka dengan perencanaan kinerja dan sistem peninjauan dan memberi mereka pelatihan khusus dalam komunikasi dan keterampilan terkait. Apa pun yang membantu orang menangani sistem, dan membuat mereka lebih nyaman dan percaya diri dalam pengoperasiannya, harus meningkatkan perencanaan dan peninjauan kinerja
Habibah Bimbing A
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H