Pengawasan kerja atau performance monitoring adalah proses untuk menetapkan ukuran kinerja seseorang dan pengambilan tindakan yang mendukung untuk mencapai hasil yang di harapkan.
Tujuannya untuk memastikan kita tetap di jalur yang benar dan sampai tepat waktu. Dalam manajemen perkantoran, pengawasan ini penting banget buat memastikan tugas dan target perusahaan bisa tercapai sesuai rencana. Yuk kita bahas kenapa penting:
1. Mencegah keterlambatan
Jika tidak ada pengawasan, bisa aja ada pekerjaan yang diselesaikan tidak tepat waktu tanpa disadari. Dengan monitoring, atasan atau manajer bisa ngecek progres kerja secara berkala dan segera ngasih solusi jika terdapat hambatan. Misalnya, jika ada tim yang stuck, bisa langsung diarahkan atau diberi dukungan.
2. Memastikan produktivitas tim
Terkadang, seseorang suka tidak sadar jika mereka mulai terlambat atau melakukan hal yang tidak penting. Pengawasan membantu memastikan setiap anggota tim tetap fokus dengan prioritas kerja mereka. Jika ada yang "off track" manajer agar segera mengingatkan.
3. Meningkatkan efisiensi kerja
Lewat performance monitoring, kita bisa menganalisis apakah cara kerja yang sekarang sudah efektif atau belum. Jika ada metode kerja yang ternyata bikin progres lambat, ini bisa diubah lebih cepat, jadi kerjaan tidak berlarut-larut.
4. Mendorong akuntabilitas
Dengan pengawasan membuat karyawan lebih bertanggung jawab atas tugasnya masing-masingkarena mereka tahu performanya akan dinilai. Ini secara otomatis meningkatkan rasa disiplin dan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.