Lihat ke Halaman Asli

Siti Habibah

Mahasiswa

Sabun Organik Si Pembersih Ramah Lingkungan

Diperbarui: 23 November 2021   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

       Setiap hari kita mandi dan membersihkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki menggunakan sabun. Kita tentunya pernah menggukan berbagai macam merk sabun dengan wangi dan keunggulan yang berbeda. Ada sabun yang dapat menghasilkan busa melimpah dan ada sabun yang mampu melembutkan serta melembabkan kulit. Setiap sabun tersebut dibuat menggunakan bahan kimia, dan tidak jarang air bekas penggunaannya dapat menimbulkan pencemaran. Maka saya ingin mengenalkan kepada anda sabun yang tidak kalah khasiatnya dengan sabun biasa namun tetap ramah lingkungan. Sabun tersebut adalah sabun organik.

     Sabun organik adalah sabun yang bahan pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan seperti vegan oil, sunflower oil dan lain-lain. Sabun organik tidak kalah dengan sabun biasa yang diproduksi pabrikan. Banyak keunggulan yang ditawarkan dari sabun organik. Pertama sabun organik juga dapat mengasilkan busa yang melimpah, melembutkan serta membersihkan kulit secara alami. Meskipun dibuat dengan bahan-bahan alami namun pemilihan bahan baku dari berbagai macam jenis minyak dapat menimbulkan berbagai efek yang berbeda. Misalnya sabun organik dengan bahan baku minyak bunga matahari dapat melembutkan kulit dan minyak zaitun dapat menghaluskan kulit serta sebagai antioksidan. Keunggulan kedua adalah sabun organik tidak menggunakan bahan deterjen dan paraben. Selain berpotensi merusak kulit, kandungan deterjen dalam sabun biasa dapat merusak sanitasi serta ekosistem di air. Ketiga sabun organik cocok bagi penderita alergi deterjen. Karena tidak mengandung bahan deterjen maka sabun organik ini sangat aman dipakai untuk penderita alergi deterjen. Keempat sabun organik dapat merawat kulit senitif. Sabun organik terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak zaitun, aloe vera dan dapat dipadukan dengan beberapa ekstrak buah-buahan. Penggunaan bahan-bahan alami ini paling tidak adalah 75% bagi anda yang mempunyai keluhan kulit sensitif. Keunggulan kelima adalah sabun organik bisa dibuat dengan berbagai bentuk dan karakter yang lucu. Pada umumnya sabun organik diproduksi secara home made. Maka dari itu anda dapat menemukan berbagai macam bentuk yang lucu dari sabun organik ini.

      Itulah berbagai macam keunggulan yang dimiliki sabun organik tentunya sangat menarik. Bukan hanya terbuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi kulit, namun juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan sabun-sabun produksi pabrikan. Menjaga alam adalah kewajiban kita namun menggunakan produk yang alami adalah pihilihan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline