Lihat ke Halaman Asli

Harga Bahan Pokok Naik Signifikan

Diperbarui: 11 Februari 2023   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Harga bahan kebutuhan pokok belum seluruhnya terkendali. Di pasar rakyat wanaraja, Kabupaten Garut, Jawabarat misalnya, harga pangan masih kedapatan naik, harga ayam menyentuh 34 ribu rupiah dari yang asalnya 29 ribu rupiah perkilo gram pada rabu pagi.  Dampak nya jumlah pembeli berkurang dan omset pedagang turun hingga 40% persen.  

Sementara itu di pasar trasional ciawi tali, Bandung, Jawabarat, juga naik pada kamis. Harga cabe rawit merah yang semula 45 ribu rupiah naik menjadi 50 ribu rupiah perkilogram. Selain itu kenaikan harga terjadi pada komonitas bawang merah dari semula 30 ribu rupiah perkilo gram menjadi 45 ribu ruapiah perkilo gram. 

Serta harga cabai merah keriting naik hingga 15 ribu rupiah dari yang semula 35 ribu rupiah menjadi 50 ribu rupiah perkilo gram. Kenaikan bertahap selama beberapa hari kebelakang ini mengakibatkan para pembeli mengurang dan omset pendapatan pedagang menurun drastis hingga 70%. Pembeli dan pedagang berharap pemerintahan bisa segera menormalkan kembali harga bahan pokok, agar masyarakat bisa membeli bahan pokok kembali. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline