Malang -- Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri digital marketing merupakan salah satu skill utama yang perlu dimiliki setiap orang. Khususnya di tengah perubahan era yang terus bergeser ke arah teknologi yang sangat agile membutuhkan kemampuan adaptasi yang cepat. Tujuan utama digital marketing adalah menjangkau target pasar dengan lebih efektif dan efisien dengan media digital yang ada. Dengan alasan ini tidak heran seluruh lini bisnis berbondong-bondong menerapkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis dan usahanya yang diharapkan dapat merangkul konsumen lebih cepat, tepat, dan luas.
Untuk mewadahi kebutuhan skill digital marketing tersebut, PT Arkatama Multi Solusindo telah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi digital marketing. Pelatihan dan sertifikasi ini dilakukan dari hasil kerja sama Arkatama dengan LSP Teknologi Digital. Diselenggarakan di Hotel Ibis Style salah satu hotel ternama di Malang, Arkatama telah sukses menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi digital marketing pada 7-10 Maret 2022 lalu. Pelatihan ini menghadirkan pakar digital marketing ternama dan berpengalaman untuk sharing knowledge kepada peserta pelatihan. Para pakar ini yaitu Ahsanun Naseh Khudori, M.Kom (CEO PT Arkatama Multi Solusindo), M. Syauqi Haris, M.Kom (narasumber pelatihan koperasi dan UKM), dan Galih Panji Hardiko, STP, MT (trainer LSP Teknologi Digital sekaligus dosen digital marketing Universitas Brawijaya). Bukan hanya entrepreneur, pelatihan dan sertifikasi ini juga diikuti oleh dosen, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.
Dalam pelatihan dan sertifikasi digital marketing ini, seluruh peserta dibekali dengan berbagai skill penting menjadi digital marketer yaitu mindset marketing, riset data digital, landing page, optimasi google my business, SEO, hingga SMM. Ditengah keadaan yang berubah dengan cepat, materi yang diberikan tersebut tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan skill yang harus dimiliki digital marketer pada era ini, sehingga skill yang didapat oleh peserta sangat relate dan implementatif dengan masanya. Dalam pelatihan ini tentu saja bukan hanya teori yang didapat oleh peserta, namun peserta juga praktek langsung dengan didampingi oleh pakar digital marketing. Serta pada akhir sesi pelatihan, peserta akan melakukan uji kompetensi oleh LSP Teknologi Digital untuk mendapat sertifikat kompeten yang diakui oleh BNSP. Pelatihan dan sertifikasi digital marketing ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta pelatihan serta membuka peluang usaha seluas-luasnya.
Sebagai agent of Information and Technology, PT Arkatama Multi Solusindo bersama LSP Teknologi Digital telah berhasil mencetak talenta digital melalui pelatihan dan sertifikasi digital marketing. Pernyataan ini dibuktikan dengan keberhasilan 100% peserta pelatihan lulus uji kompetensi pada hari Kamis, 10 Maret 2022. "Saya harap Arkatama akan terus menghadirkan kegiatan seperti ini karena memang sudah seharusnya semua orang bisa melakukan digital marketing" kata Bapak Sugeng Hariyanto sebagai salah satu peserta pelatihan dan sertifikasi digital marketing Arkatama. Sependapat dengan statement Bapak Sugeng, sudah semestinya semua orang tahu dan dapat melakukan digital marketing sebagai basic skill di era ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H