Lihat ke Halaman Asli

Habbie.id

Content Writer

Pemicu Stres dan Cara Mengatasinya pada Ibu Menyusui

Diperbarui: 13 September 2023   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Freepik

Stres merupakan salah satu problem utama dari ASI mampet atau seret. Kebanyakan ibu mengalami perubahan hormon setelah 2-3 hari pasca melahirkan. Ibu akan lebih sensitif dan mudah mengalami perubahan emosi setelah melahirkan dan berlanjut selama 2-3 bulan semasa menyusui.

Pemicu Stres yang Menyebabkan ASI Seret

Stres pada ibu menyusui dapat dipicu oleh banyak hal. Berikut empat pemicu stres yang dialami Ibu menyusui.

  • Hormon 

Mulai dari awal kehamilan, Moms telah mengalami perubahan hormon yang terus berlanjut hingga melahirkan dan menyusui. Perubahan hormonal ini akan mempengaruhi emosi dan perasaan Moms sehingga dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya.  

  • Kecemasan menyusui

Kecemasan menyusui umumnya berhubungan dengan posisi pelekatan saat menyusui bayi. Ibu baru khususnya akan merasa belum berpengalaman dan masih cemas saat menyusui bayi. Selain pelekatan, dapat juga berupa jadwal menyusui, durasi menyusui, maupun asupan makanan yang boleh dikonsumsi.

Hal ini dapat menjadi pemicu stres yang nantinya akan berpengaruh pada banyaknya ASI yang dikeluarkan oleh ibu.

  • Ketidaknyamanan pada tubuh

Setelah melahirkan, kebanyakan ibu akan mengalami perubahan bentuk tubuh dan tak jarang akan merasakan sakit sementara waktu setelah melahirkan. Terkhusus untuk ibu yang melalui operasi cesar. Moms juga tak jarang akan merasakan payudara membesar maupun puting lecet saat menyusui dan Moms akan merasa tertekan hingga akhirnya stress saat mengalaminya.

  • Lelah kurang tidur

Jam tidur Moms mungkin tidak akan sama dibanding sebelum melahirkan. Moms perlu menjaga dan siap sedia menjaga bayi bahkan di malam hari saat Moms telah tertidur. Kurang tidur juga menjadi penyebab Moms akan mengalami stres.

Cara Mengatasi Stres yang Sering Dialami Ibu Menyusui 

Stres saat menyusui kadang tidak terhindarkan karena Moms perlu membagi waktu untuk menjaga si kecil juga keluarga. Hingga tak jarang melupakan kesenangan diri sendiri. Berikut beberapa solusi yang bisa Moms adaptasi untuk menghindari stres saat menyusui.

  • Mencari Tahu Penyebab Stres
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline