Lihat ke Halaman Asli

Fydha Naja

Mahasiswi, pembelajar ulung yang terus berbenah diri

Analisis KI 4

Diperbarui: 19 Juli 2020   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran dibagi menjadi pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2. 

Kompetensi inti dirancang sebagai Standar Kelulusan bagi jenjang kelas tertentu. Kompetensi Inti terdiri dari empat aspek, yakni KI-1 keagamaan, KI-2 sosial, KI-3 kognitif, KI-4 ketrampilan. 

Analisis dari Kompetensi Inti ketrampilan adalah memicu daya terampil anak di kelas. Dimana KI 4 hadir karena menganggap bahwa sekolah bukan hanya mendambakan insan yang cerdas saja namun juga terampil dan ahli dalam suatu bidang.

Ketrampilan dapat di peroleh melalui aktivitas mengamati, mencoba, menanya, menalar, menyaji dan mencipta. Seperti di beri tugas mencangkok, bagaimana dari awal mula proses pencakokan hingga data terakhir pohon hasil cangkokan itu dapat tumbuh bahkan berbuah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline