Lihat ke Halaman Asli

Leonardi Gunawan

TERVERIFIKASI

Karyawan

Jelang Singapore Open Super Series, Awas Jangan Sampai Cidera Marcus/Kevin

Diperbarui: 11 April 2017   00:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Setelah mencatat hat-trick di 3 turnamen terakhir yang mereka ikuti, pasangan ganda putra Indonesia Marcus  Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamulyo (Marcus/Kevin) dipastikan akan turun berlaga pada kejuaraan bulutangkis Singapore Open Super Series yang akan berlangsung di Singapur pada tanggal 11 – 17 April 2017.

Seperti sebelumnya diberitakan bahwa pada saat bertanding di Malaysia Open minggu lalu sebenarnya kondisi kesehatan mereka tidak dalam keadaan yang bagus. Hal ini diunggapkan sendiri oleh Marcus bahwa kemenangan menjuarai Malaysia Open adalah lebih karena semangat mereka yang tidak mau kalah dan juga karena langkah mereka sudah sampai final, jadi tanggung kalau tidak memberikan yang terbaik.Untuk turnamen selanjutnya yakni Singapore Super Series sebenarnya tim pelatih sudah tidak terlalu memaksa mereka berdua untuk tampil mengingat kondisi mereka yang sudah sangat kelelahan. Tetapi rupanya Marcus/Kevin sendiri yang masih bersemangat untuk ikut.

Disinilah menjadi perhatian khusus, terutama tim pelatih yang mendampingi mereka. Walaupun semangat mereka masih sangat tinggi untuk bertanding  tim pelatih sebaiknya juga harus bersikap tegas apabila dilihat kondisi mereka terlalu memaksakan. Mendapatkan cidera apalagi cidera serius di usia muda seperti mereka amatlah disayangkan. Apalagi kalau cideranya parah. Selain masa pemulihan fisik, masa pemulihan psikis lah yang memakan waktu lama.

Potensi cidera semakin besar apabila daya konsentrasi dan tenaga sudah tidak ada ( capek) tetapi masih tetap dipaksakan untuk bertanding. Marcus/Kevin sendiri harusnya bisa mengukur kemampuan tubuh dalam menerima beban. Sanggup atau tidak. Kalau memang tidak sanggup jangan dipaksakan karena masa depan kalian masih sangat panjang dan amat sayang bila sudah harus bergelut dengan cidera.

Apapun hasil di Singapore Open nanti, para pecinta bulutangkis di Indonesia tetap akan bangga dengan prestasi yang telah mereka ukir. Kalah dalam suatu pertandingan adalah hal yang sangat biasa, untuk mengingatkan bahwa tidak selamanya kita selalu berjaya, apalagi dengan kondisi kalian yang memang sudah sangat lelah. Semua pasti bisa memaklumi. Tetapi kalau mereka bisa kembali juara itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa dan rakyat Indonesia pun pasti akan sangat bangga.

Maju terus bulutangkis Indonesia

Salam Olahraga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline