Lihat ke Halaman Asli

Century Gate & Proyek Pencitraan

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dimana saya harus mulai nulis, agak kaku setelah beberapa bulan vakum, akhir2 ini saya memantau berita di Tanah Air dari kejauhan, tentang Century Gate yang belum ketahuan ujungnya kemana, sampai tulisan ini diturunkan, masih dalam pembentukan Pansus Hak Angket DPR, perlajanan tampaknya masih panjang, kenapa?

1. Ini dunia politik, jargonnya tidak ada kawan dan lawan yg ada hanya kepentingan. coba deh amati kasus2 kisruh politik berakhir dengan kedua belah pihak saling mengerti karena kuenya sudah terbagi

2. Saya tidak pernah mendengar lagi PDIP atau Gerindra atau Hanura memuat Iklan di Koran satu halaman penuh mengenai permintaan kepada rakyat untuk terus memonitor 100 jalannya pemerintahan dengan membuka kotak pos atau sekertariat

3. Menurut Amien Rais, masyarakat Indoneisa itu punya Short Memories, gampang lupa masalah2 kisruh politik, ekonomi & sosbud dengan sendirinya cepat atau lambat terlupakan.

4. Masih ingat ga kasusnya Wakil Ketua DPR Zainal Ma'arif yg dipecat dari Wakil Ketua Dewan oleh Fraksinya, karena prosesnya pemecatan harus disetujui Presiden, Zainal Mengacam akan membeberkan bahwa dulu SBY punya istri selain Ani Yudhoyono, SBY kekeuh tanda tangan, dan Zainal pun membeberkan bukti2 ke Ketua MPR kala itu (HNW) dan di depan wartawa, SBY pun sebagai warga negara langsung lapor ke Polri ricuh pencemaran nama baik.

5. Hasil dari point no 4, berdua damai dan Zainal dijadikan anggota partai demokrat dan juga anggota dewan (?)

Kembali kepada Century Gate & Proyek Pencitran, mau dibawa kemana kasus ini, ada beberapa scenario dalam opini awam saya :

1. Skenario 1, Tercapai Deal2 Politik, semua senang & case closed (artinya integritas pansus hak angket kita pertanyakan, apakah hak angket ini murni ingin mengungkap kasus century gate murni & menindak para pelakunya kemudian, atau "di boncengi" dengan motif politik lain (menginatkan kita pada kasus ZM diatas)

2. skenario 2, murni hak angket demi pengungkapan kasus century & pemenuhan rasa keadilan masyarakat- karena anggota Dewan sadar bahwa mereka di gaji oleh rakyat -, kalo terbukti skandal centrury gate kemungkinan besar pemerintahan jatuh, orang2 yg terlibat di proses hukum.

kira2 mau dibawa kemana Century Gate, kekhawatiran saya kalo kuenya terbagi rata, semua diam dan kenyang, tinggal rakyat yg terbengong2 kemudian lupa (short memories tadi)

kasus Zainal Ma'arif menjadi contoh

Politik itu murni kepentingan & dunia ini panggung sandiwara


Selamat berhari minggu
Chatrium Residence
6 Dec 09




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline