Lihat ke Halaman Asli

Yuk Minum Air Putih dari Sekarang !

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Secara keseluruhan, tubuh manusia ini terdiri dari 75 % cairan dan 25 % lainnya, tanpa kita sadari air putih yang dianggap sebelah mata oleh kebanyakan manusia sangat banyak sekali kelebihannya bagi tubuh manusia. Tidak bisa dipungkiri lagi kita sebagai manusia memang sangat membutuhkan peran air putih sebagai kesehatan tubuh kita, minimal dalam sehari tubuh kita memerlukan asupan air putih sebanyak 2.5 Liter atau sama dengan 8 gelas air putih, itu pun masih banyak sekali sebagian dari kita yang tidak menyadari dan pentingnya air putih, perlu kita ketahui dengan seksama bahwasannya air putih itu sendiri banyak memiliki keutamaan-keutamaan dan manfaat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Bisa kita bayangkan, bagaimana keadaan manusia bila sehari saja tanpa minum air putih ? tentu saja akan sangat rentan sekali dengan segala macam penyakit bagi tubuhnya.

Manusia masih bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makan daripada tanpa minum, maksimal 6 hari atau seminggu manusia dapat bertahan tanpa makan, tapi bandingkan dengan manusia yang hanya bisa bertahan hidup maksimal selama 3 hari tanpa minum, meskipun belum banyak fakta yang mengatakan dan membuktikannya, bisa kita rasakan bagaimana dan apa yang terjadi dengan tubuh kita ? bisa kita pikirkan masing-masing. Ini memberikan suatu peringatan dan warning bagi kita sebagai manusia apalagi bagi mereka yang sangat aktif dengan kegiatannya agar selalu menjaga pola minum air putih yang seimbang dan dibutuhkan dengan tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kurangnya meminum air putih.

Sedikit berbagi pengalaman kepada para pembaca yang budiman agar dijadikan cerminan supaya tidak terjadi kepada anda, saya sendiri merasakan akibat dari kurangnya meminum air putih itu sendiri, selama seminggu saya merasakan nyeri yang tidak tertahankan diperut kiri bagian bawah, awal mulanya saya kira hanya penyakit maag yang saya derita selama ini, tapi setelah saya beri obat penyakit maag ternyata nyeri ini tidak berkurang sedikitpun, ini yang menjadikan saya bingung, saya periksa ke dokter dan setelah dicek dan diperiksa oleh dokter ternyata itu bukan penyakit maag yang selama ini saya derita melainkan saluran kantung kemihlah yang terkena peradangan atau infeksi yang disebabkan kurangnya meminum air putih.

Dari kejadian tersebut saya mulai kembali untuk melanjutkan kebiasaan yang dulu sempat saya tinggalkan yaitu banyak-banyak minum air putih bahkan sampai kembung pun tidak apa-apa, karena air putih itu menyehatkan yang tentunya air putih tersebut bersih dari bakteri dan kuman-kuman ataupun yang lain sebagainya, ini membuktikan kembali bahwa pentingya dan begitu berartinya air putih bagi kesehatan tubuh manusia, jika penyakit kekurangan air putih itu tidak dirasakan sekarang, mungkin setelah terakumulasi waktu maka di usia senja nantilah penyakit-penyakit itu akan dating menghampiri dengan sendirinya, dikarenakan kita meremehkan sesuatu yang kecil yang dulu kita sepelekan dan akan berakibat fatal dan sangat besar efek darinya nanti.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai manusia yang sehat dan pasti nantinya akan sakit, sebisa mungkin meminimalisasikan bahaya dari kurangnya meminum air putih dengan meminum air putih banyak dan menyediakannya sebanyak mungkin agar dimana ketika kita kesulitan mencari air putih, kita tidak perlu susah payah untuk mencarinya karena kita sudah menyediakan persediaan yang cukup banyak untuk keluarga kita dirumah tidak terkecuali bagi kalangan anak kost, alangkah indahnya hidup itu sehat itu, dimulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline