Lihat ke Halaman Asli

GUSTI GHINA NUR IZZATY

MAHASISWI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Analisis Uji Kelayakan Pembangunan Puskesmas Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

Diperbarui: 12 Oktober 2024   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : BPS Kecamatan Sungai Raya dalam angka 2022

Puskesmas Sungai Durian merupakan satu dari tiga puskemas di wilayah Kecamatan Sungai Raua Kabupaten Kubu Raya. Luas Wilayah Puskesmas Sungai Durian sekitar 315,587 Km dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 0,30/Km. 

TUJUAN UJI KELAYAKAN PUSKESMAS :

  • Memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan 
  • Menjamin keamanan dan Kesehatan pengguna 
  • Mengoptimalkan fungsionalitas puskesmas 
  • Menjamin ketersediaan ruang dan fasilitas yang memadai 
  • Mendukung penyimpanan distribusi obat dan alat Kesehatan 
  • Memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi 
  • Memastikan kepatuhan hukum dan peraturan Mengoptimalkan penggunaan sumber daya

Aspek Eksternal 

  • Demografi 

Jumlah penduduk diwilayah kerja Puskesmas Sungai Durian darihasilpendataan keluarga sebesar 95.931 jiwa dengan 14.505 KK Jumlah rumah 19.932 unit, kepadatanhunian sekitar 3.09. Jumlah penduduk sasaran menurut proyeksi pada tahun 2012 terdiri dari ibu hamil 2.207orang, ibubersalin 2.106orang, bayi 2.005 orang, Balita 9.234 orang, anakusia 6 59 bulan 80,512 orang.

  • Sosial Ekonomi 

Sebagian besar wilayah kerja Puskesmas merupakan daerah industri, pertanian tradisional serta hutan olahan.Sarana transportasi yang dapat dipergunakan adalah kendaraan darat dan air. Berdasarkanmatapencaharian sehari-hari, sebagian besar penduduk berprofesi sebagai buruh industri.Sebagian ada juga yang berprofesi sebagai petani, pedagang serta Pegawai Negeri Sipil.

  •  Geografi 

Puskesmas Sungai Durian merupakansatudaritigapuskesmas di wilayah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang terletak pada koordinat 109 22,31 BT dan 0 -21 LS denganketinggian 0 -- 1 meter dpl. Luas wilayah Puskesmas Sungai Durian sekitar 315.587 Km.

  • Survei Kepuasan 

Secara umum Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Sungai Durian secara keseluruhan adalah sudah baik dengan nilai sebesar 75,75 yang berada rentang nilai 62,51-- 81,25, sesuai kriteria pengukuran nilai IKM adalah pada kriteri baik. Artinya pelayanan terkait sembilan unsur pelayanan yang diteliti terkait persyaratan, prosedur, kecepatan, kewajaran biaya, kejelasan dan kepastian pelayanan, kompetensi petugas, sikap petugas, tanggungjawab, dan penganan penaduan secara umum dinilai baik oleh pengguna pelayanan.

  •  Kebijakan 

Berdasarkan PMK No.5 Tahun 2022, pasal 5 dalam melaksanakan tugas, Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan fungsi: *Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan, dan tenaga kesehatan *Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan *Pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan *Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Kesehatan *Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Kesehatan di daerah *Pelaksanaan perumusan dan pemberian rekomendasi kebijakan pembangunan kesehatan *Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur di lingkungan Kementerian Kesehatan.

  • Sosial Budaya 

Sebagian besar wilayah puskesmas memiliki suku yang beragam diantaranya Dayak, Melayu, Tionghoa, Jawa dan yang lainnya. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, tetapi Bahasa Bahasa daerah juga sering digunakan sehari-hari. Agama yang dianut mayoritas Islam.

 Aspek Internal 

  • Sarana Kesehatan 

Sarana kesehatan Puskesmas cukup sulit karna keterbatasan puskesmas yang ada dikecamatan sungai raya membuat Puskesmas sungai durian dapat dikatakan layak untuk dibangun. Sedangkan pelayanan nya dikategorikan baik. 

  • Teknologi 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline