Lihat ke Halaman Asli

Bilangan Kuantum

Diperbarui: 28 September 2022   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

BILANGAN KUANTUM

Dalam teori atom mekanika kuantum, terdapat tiga bilangan kuantum yang mendeskripsikan kelauan dan distribusi elektron-elektrn dalam atom. Ketiganya adalah bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimuth (l), dan bilangan kuantum magnetic (m). Selain ketiga bilangan kuantum tersebut yang merupakan bilangan yang berasal dari persamaan Schodinger ada satu bilangan kuantum lagi yaitu bilangan kuantum spin (s). Bilangan kuantum ini menjelaskan prilaku elektron yang lebih spesifik sekaligus melengkapi penjelasan elektron dalam atom.

Bilangan kuantum utama (n)

Bilangan kuantum utama bisanya menunjukkan tingkat energi pada elektron, menunjukkan posisi elektron dalam kulit elektron, dan jarak rata-rata elektron dari inti.  Bilangan kuantum pada kulit atom:

Kulit atom K = bilangan kuantum (n) 1

Kulit atom L = bilangan kuantum (n) 2

Kulit atom M = bilangan kuantum (n) 3

Kulit atom N = bilangan kuantum (n) 4

Dan seterusnya

Bilangan Kuantum Azimut (l)

Bilangan kuantum ini menentukan bentuk orbital serta sub tingkatan energi elektron atom. Bilangan kuantum azimuth menunjukkan sub kulit yang memiliki nilai bergantung pada bilangan kuantum utama yaitu dimulai dari 0 dan hingga n-1. Jadi disini bila bilangan utama (n) = 1, bilangan kuantum azimuth (l) yang memungkinkan adalah 0. Jika bilangan kuantum utama (n)=2 maka bilangan kuantum azimut (l) yang memungkinkan adalah l = 0 dan l=1. Jika n=3 maka l=0, l=1, dan l=3, dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline