Gusti NurisaPG

Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Pancasila

Wisata di Malang

Diperbarui: 19 September 2022   22:24

Liburan pertama kita di malang adalah kita pergi ke Jatim Park 2 yang terletak dikota batu. Kota Batu merupkan  kota yang dekat dengan kota Malang.Kita pergi kesana menggunakan kendaraan pribadi.Karena sekarang udah ada jalan tol menuju kota batu dari rumah kita, jadi perjalanan kita bisa lebih cepat sampainya.Setelah perjalanan dari rumah ke kota batu kurang lebih 2 jam kita sampai di lokasi Jatim Park 2. Sebelum masuk kita membeli tiket terlebih dahulu. Di Jatim Park 2 ini kita bisa mengunjungi Museum Satwa , yang didalamnya terdapat beberapa satwa yang diawetkan namun kelihatan seperti nyata/hidup dan  serasa kita berada di kebun binatang sungguhan.Satwa yang berada di dalam museum bermacam-macam dari dalam negri dan dari luar negri. Di Museum Satwa ini kita dapat belajar tentang satwa. Dari mana satwa tersebut berasal,makanannya apa dan informasi lainnya.

Setelah puas kita berkeliling di dalam museum satwa kita menuju ke Batu Secret Zoo.Dimana di dalam Batu Secret Zoo kita merasa seperti berada di kebun binatang/taman safari versi mini.Pertama-tama kita melihat berbagai macam satwa di dalam kandang, kita berjalan seperti jembatan yang kanan kirinya satwa-satwa.Di tempat ini kita bisa memberi makan satwa yang berada di dalam kandang, yang dipandu oleh pawangnya.Banyak sekali satwa di sana dari satwa unggas, berbagai jenis monyet sampai satwa yang buas.Setelah kita menyusuri kandang-kandang satwa. Kita bisa berforto dengan satwa-satwa disana seperti burung, ular, benturong.Di dalam Batu Secret Zoo terdapat banyak wahana permainan yang dapat kita nikmati. Di dalam Batu Secret Zoo ada wahana yang sangat menghibur dan berkesan, yaitu wahana dimana kita masuk ke dalam suatu ruangan melalui gerbang besar menggunakan mobil kereta terbuka,Didalam gerbang tersebut kita seperti sedang berada di taman safari mini. Kita dapat menberi makan satwa yang dilepas dan menghampiri kendaraan yang kita naiki tersebut.Disitu kita berteriak antara senang dan takut dengan binatang Llama/alpaca karena binatang tersebut mudah marah, kalau sudah marah dia akan meludah. Selain wahana taman safari mini (maaf saya lupa nama wahananya) ,kita dapat menaiki wahana permainan lainnya.Ada wahana kita menggunakan perahu mengelilingi kolam buatan yang ada ornamen/patung kapal Nabi Nuh disitu ada satwa jenis unggas yang berenang. Wisata kita ke Jatim Park 2 sangat berkesan karena kita pergi berlibur bersama keluarga.

Liburan kami yang kedua kita pergi ke Kota Batu lagi untuk mengunjungi Jatim Park 3. Jatimpark 3 ini terletak dijalan Ir. Soekarno No 144, Beji. Jatim Park 3 letaknya lebih dekat dengan kota malang dibandingkan Jatim Park 2 yang letaknya masih keatas lagi. Di Jatimpark 3 terdapat banyak zona wisata, seperti dino park, infinite world, the legend star park, museum music dunia, fun tech plaza, dan the house of zombie. Tetapi kita hanya memasuki zona dino park dan predator fun park. Disana kita bisa melihat fosil atau tulang raksasa makhluk purbakala dan patung-patung dinosaurus didalam museum dino park Jatimpark 3. Di dalam museum dino park kita dapat mengetahui informasi tentang macam-macam dinosaurus. Didalam dino park terdapat berbagai macam permainan yang kita bisa nikmati yaitu jelajah lima jaman, ice age, the rimba, life with dino, jembatan akar, dan permainan lainnya. Di wahana jelajah lima jaman kita menggunakan kereta besar yang mengelilingi jaman-jaman dinosaurus, disini diceritakan kehidupan dinosaurus pada jamannya. Diwahana ice age kita menggunakan kacamata khusus untuk melihat monitor yang ada di dalam wahana ice age tersebut. Di dalam wahana the rimba kita dapat melihat jenis-jenis makhluk purbakala didalam hutan rimba belantara. Di wahana life with dino kita dapat berfoto dengan baby dinosaurus buatan yang dapat kita gendong. Selain itu di dino park terdapat banyak permainan yang dapat kita mainkan bersama keluarga. Ada permainan bombomkar, kora kora mini, permaianan seperti permainan niagaragara (maaf saya lupa namanya). Ada juga mini zoo yang dimana terdapat binatang seperti unta disitu kita dapat memberi makanan yang berupa wortel yang dijual di kios mini zoo.

Setelah kita lelah bermain kita makan bersama di foodcourt dino, disana terdapat berbagai jenis makanan dari yang ringan sampai yang berat. Serasa kita makan pada jaman dinosaurus karena ornament-ornamen yang digunakan bertema dinosaurus. Didalam dino park terdapat mushola, jadi memudahkan kita untuk beribadah.

Liburan ketiga kita, pergi ke air terjun Coban Pelangi yang berada di Dusun Ngadas, Poncokusumo, Didesa Gubugklakah, Kabupaten Malang. Perjalanan dari rumah ke air terjun Coban Pelangi kurang lebih 2 jam perjalanan darat (mobil pribadi) selama perjalanan menuju air terjun coban Pelangi, kita disuguhi pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Setibanya di air terjun Coban Pelangi kita membeli tiket terlebih dahulu dan bertanya seberapa jauh jarak yang harus kita tempuh untuk menuju air terjun Coban Pelangi. Diberitahukan kalau jaraknya berkisar 1km, setelah kita jalan menuju ke air terjun ternyata jaraknya lebih dari 1km. Kita harus berhati-hati berjalan karena jalannya curam dan licin terutama habis hujan. Sebelum kita melewati jembatan bambu, kita main air di aliran air (kali kecil). Disana airnya sangat jernih dan dingin sekali, setelah kita bermain air kita melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan melewati jembatan bambu. Setibanya di air terjun Coban Pelangi kita hanya diizinkan berfoto saja karena kita dilarang berenang di dekat air terjun karena arus yang deras dari air terjun cukup berbahaya bagi keselamatan kita. Selain air terjunnya yang sangat indah disana pemandangannya sangat indah dan benar-benar asri karena air terjun Coban Pelangi merupakan satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Karena perjalanan yang jauh dan udara yang dingin sebelum jam 5 sore kita diharuskan untuk pulang, karena di dalam air terjun tersebut sudah tutup jam 5 sore.

Setelah kita mengunjungi air terjun Coban Pelangi karena hari sudah sore kita memutuskan untuk pulang. Sebelum sampai rumah kita mampir untuk mengisi perut di Pondok Tubing Cafe yang masih berada di Kecamatan Poncokusumo, Gubugklakah. Pondok Tubing Cafe ini letaknya diatas lereng sehingga kita dapat melihat pemandangan bukit, dan kalau kita beruntung (siang sampai sore) kita dapat melihat burung elang terbang. Disini makanan dan minumannya murah dan banyak macamnya. Di Pondok Tubing Caf ini terdapat juga homestay yang dapat digunakan untuk para pengunjung yang ingin pergi ke gunung Bromo. Disini disewakan juga mobil jeep untuk menuju kegunung Bromo, di Pondok Tubing terdapat juga permainan ATV dan rafting (arung jeram) menyusuri sungai. Setelah selesai makan sambil menikmati pemandangan di pondok tubing kita memutuskan untuk pulang karena hari sudah mulai malam. Karena perjalanan untuk pulang kalau malam pasti jalanan sudah ketutup kabut. Inilah liburan kita sekeluarga di Kota Malang. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan dan terimakasih.