Lihat ke Halaman Asli

Gustaaf Kusno

TERVERIFIKASI

Istilah-istilah Medis Bahasa Malaysia yang 'Lucu'

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1338818927481254924

[caption id="attachment_185797" align="aligncenter" width="615" caption="(ilust 0.tqn.com)"][/caption] Kebetulan saya membuka laman kesehatan dalam bahasa Malaysia dan sekali pun 90 persen bahasa yang dipakainya dengan mudah dapat saya pahami, namun saya mendapati sejumlah istilah-istilah unik dan ’lucu’ di situ. Saya harus mengklarifikasikan pada Google Translate untuk memastikan bahwa istilah-istilah lucu ini memang benar sesuai dengan apa yang saya bayangkan. Inilah sebagian daripada istilah medis yang sempat saya catat dan mungkin juga menarik hati Anda.

Saya mendapatkan istilah ’mati pucuk’ yang disebabkan karena penyakit ginjal. Ternyata ’mati pucuk’ ini adalah ’erectile dysfunction’ alias impoten. Sungguh sangat kreatif menyadurnya. Lalu ada kata ’angin ahmar’ yang merupakan terjemahan dari penyakit ’stroke’. Alergi dalam bahasa Malaysia disebut dengan ’alahan’ dan ereksi (erection) dinamakan dengan ’ketegangan zakar’.

Dokter spesialis di Malaysia dinamakan dengan ’dokter pakar’, konsultan senior (senior consultant) disebut dengan ’perunding kanan’ (tetapi istilah ’perunding kiri’ tak ada), kanker dinamakan dengan ’barah’, pasien atau penderita dinamakan dengan ’pesakit’, dan manula (senior citizen) dinamakan dengan ’warga emas’.

Membahas soal alergi, saya menjumpai istilah ‘tindak balas’ yang bermakna ‘reaksi’, lalu ada istilah ‘kejutan’ bermakna ’shock’ (dalam bahasa Indonesia ada padanan ’renjatan’), ’debunga’ yang bermakna serbuk sari (pollen), ’kulapuk’ yang bermakna ’kapang/jamur’ (Inggris: mold), lalu ada kata ’loya’ yang bermakna ’mual’ (Inggris: nauseous).

Lalu dapatkah Anda menebak apa yang dimaksud dengan ’sawan babi’? Ini tak lain adalah penyakit epilepsi. Kandung kemih (bladder) di Malaysia disebut dengan ’pundi kencing’, sistim saluran pencernaan dinamakan dengan ’sistem penghadaman’, prematur disebut dengan ’pra matang’, pigmentasi atau kehitaman pada kulit disebut dengan ’jeragat’ dan infeksi disebut dengan ’jangkitan’.

Tapi yang jelas saya tak menjumpai istilah ’bersetubuh dengan bumi’ untuk kata ’push up’ atau pun istilah ’rumah sakit kurban lelaki’ untuk istilah ’rumah sakit bersalin’. Istilah di atas cuma karangan orang Indonesia untuk berseloroh dan berolok-olok.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline