Lihat ke Halaman Asli

Guss Setiawan

Mahasiswa

Meningkatkan Jiwa Wirausaha pada Mahasiswa Vokasi di Indonesia

Diperbarui: 22 Agustus 2024   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Semangat wirausaha adalah suatu hal yang penting bagi setiap insan manusia. Terutama anak muda, kita sebagai anak muda harus ikut serta memajukan negara Indonesia dengan mengembangkan semangat wirausaha. Wirausaha adalah kegiatan membangun usaha sendiri dimulai dari pengembangan hingga tahap penjualan. Semakin banyak anak muda khususnya para mahasiswa yang berwirausaha, hal ini dapat meningkatkan penghasilan dan meningkatkan perekonomian negara. Tanpa disadari dengan banyaknya Wirausaha di Indonesia akan meningkat kekuatan perekonomian negara dalam menghadapi tantangan global. Semangat wirausaha sejatinya harus dipupuk dan dikembangkan untuk kemajuan individu, lingkungan, bangsa dan negara. 

Tantangan perekonomian global semakin ketat. Hal ini ditandai dengan maraknya produk luar negeri yang beredar di tengah masyarakat, bahkan tidak sedikit dari mereka yang lebih menyukai produk luar dibandingkan produk dalam negeri. Dalam menghadapi tantangan perekonomian global, bangsa Indonesia harus dapat mempersiapkan generasi mudanya kokoh dalam pengetahuan perekonomian. Generasi muda harus melek wirausaha untuk dapat menjadi warisan bangsa yang dapat menjaga produk Indonesia tetap hits dikalangan sekarang. Jiwa wirausaha harus banyak di sosialisasikan kepada para pemuda, khususnya mahasiswa Indonesia. 

Mahasiswa vokasi adalah mahasiswa yang di didik untuk siap kerja. Mahasiswa vokasi dilatih untuk menguasai berbagai skill dalam kehidupan secara nyata. Hal ini ini dibuktikan pada pembelajaran mahasiswa vokasi difokuskan pada praktek, yaitu sebesar 60 persen dan 40 persen berisikan pembelajaran di kelas. Untuk itu pengembangan jiwa wirausaha mahasiswa vokasi harus ditumbuhkan untuk menerapkan berbagai ilmu yang telah didapat dalam kegiatan kampus dan pengabdian masyarakat. 

Kemampuan kerja untuk mahasiswa vokasi bukanlah hal yang diragukan. Setiap mahasiswa vokasi pasti memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Pemikiran tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun semangat wirausaha. Wirausaha yang dilakukan dapat dimulai dengan hal kecil yang kemudian akan berkembang menjadi usaha yang besar. Kita sebagai mahasiswa vokasi harus mempunyai semangat juang pemuda. Kita harus sadar negeri Indonesia membutuhkan banyak peran wirausahawan muda yang kreatif untuk memajukan ekonomi negara. Dalam membangun usaha tentunya kita sebagai mahasiswa vokasi dapat berkolaborasi dari berbagai program studi, hal ini memungkin dapat menghasilkan karya yang lebih inovatif. Penyatuan pemikiran dari berbagai bidang tersebut dapat melahirkan karya yang menarik dan terbaru. Tidak hanya itu, dengan kolaborasi akan memudahkan dalam penggarapan wirausaha untuk kemajuan bersama

Untuk itu sebagai mahasiswa vokasi, kita harus terus bergerak mengembangkan kemampuan diri. Kita tidak boleh berhenti di zona nyaman. Karena sejatinya kita sebagai mahasiswa vokasi di didik untuk siap kerja dan berinovasi menghasilkan berbagai karya yang didedikasikan untuk membangun wirausaha demi kemajuan bangsa. Kita harus menempatkan diri kita sebagai warisan emas bangsa yang mempunyai tanggung jawab penuh dalam menjaga keberlangsungan negara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline