Lihat ke Halaman Asli

Abdul Ghofar

Menulis mengisi waktu mengungkap rasa

Air Terjun Blawan

Diperbarui: 23 September 2023   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto HP saya

Air Terjun Blawan ternyata ada di wilayah kabupaten Bondowoso, dulu saya kira wilayah Banyuwangi, maklum karena ketika itu saya hanya penumpang mobil yang di bawa teman saya meluncur kesana, saya tidak hafal arah kemananya.

Tetapi setelah saya googling ternyata bukan lagi wilayah Banyuwangi.

Seingat saya perjalanan kesana kita sudah disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah, melintasi perkebunan kopi yang luas dan melewati beberapa perkampungan yang asri dan khas rumah daerah pegunungan.

Air terjun Blawan tepatnya berada di Desa Kalianyar kecamatan Sempol kabupaten Bondowoso Jawa Timur, di area perkebunan kopi PTPN XII berjarak sekitar 52 kilometer dari kota Bondowoso.

Setelah memasuki pintu gerbang kita harus berjalan masuk kurang lebih seratusan meter menyusuri jalan berundak naik dan turun.

Sepanjang perjalan menuju lokasi air terjun kita bisa melihat hamparan tanaman pertanian, ada sungai kecil yang kita lintasi dengan jembatan sederhana untuk menyeberangi sungai itu, saya lupa untuk memotret sungai dan jembatan kecilnya waktu itu.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun yang seakan masuk menembus bumi itu hidung kita akan terterpa oleh aroma belerang, tidak terlalu menyengat sih tetapi tetap tercium baunya.

Foto HP saya

Airnya kuning dan langsung jatuh ke sungai dibawahnya, sepintas seakan air itu masuk kedalam perut bumi karena tempat untuk melihat tepat di antara jatuhnya air terjun, tidak terlihat tempat jatuhnya.

Suara keras bergemuru air terjun dan cipratan air dingin di muka kita ketika menyaksikannya memberi sensasi yang berbeda.

Cukup menarik dan sepertinya layak dikunjungi oleh pembaca, wisata air terjun Blawan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline