Lihat ke Halaman Asli

Gus Noy

TERVERIFIKASI

Penganggur

2019 Ganti Istri

Diperbarui: 17 April 2018   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Menjelang Pilpres 2019 saya mengalami kejenuhan membaca berita-berita mutakhir. #2019GantiPresiden. #2019Jokowi2Periode. #2019CakIminCawapres. Lain-lainnya soal partai Tuhan-setan, tokoh dipolisikan, tantangan bertelanjang dada, dan seterusnya.

"Sebaiknya ganti tontonanmu, Ji," saran Demun. "Kamu tidak cocok menyaksikan perkembangan sosial-politik terkini. Politik memang berat. Biar aku saja."

"Eh, Dilan juga berpolitik, ya?"

"Lho iya! Dilan itu bagian dari upaya perpolitikan yang tidak kasat. Makanya tadi aku bilang, kamu tidak cocok."

Ya, mungkin tepat apa yang dikatakan Demun. Saya pikir, Demun memang fasih mengamati dan mengomentari perkembangan sosial-politik karena dia pernah kuliah di bidang sos-pol.

Dulu Demun-lah yang mengenalkan saya pada berita-berita sos-pol, yang paling mustahil bisa muncul di media massa umum. Salah satunya, apa lagi kalau bukan majalah Independent.

Saya sering bengong, kok bisa begitu hal-hal di balik berita umum. Mungkin karena saya berkuliah di bidang teknik, sibuk dengan tugas-tugas yang penuh perhitungan. Lebih bengong lagi ketika beberapa bulan kemudian Demun mengabarkan akan menikah. Sudah 'isi' duluan, kata kawan-kawan kami. Risiko berpolitik kebablasan dalam kamar kos-kosan, kata kawan kami lainnya.

Kalau sudah jodoh, apa boleh buat, pikir saya dulu. Ya, seperti juga politik pasca-reformasi, siapa capres-cawapres, siapa presiden-wakil presiden. Jodoh-jodohan saja.

"Mau ngopi?"

"Nah, itu yang aku tunggu, Ji," jawabnya sembari memberi acungan jempol. "Istrimu di mana, kok dari tadi tidak kelihatan?"

"Biasa, urusan emak-emak kampung, Mun."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline