Lihat ke Halaman Asli

Gus Noy

TERVERIFIKASI

Penganggur

Secuil Catatan dari Pameran Seni Rupa di Festival Tpoi Ton

Diperbarui: 13 Desember 2017   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pustaka Leko Kupang

Pameran Seni Rupa dalam Festival Tpoi Ton di koridor aula samping Museum NTT Kupang pada 8-9 Desember 2017 sudah selesai. Sementara festival yang terinspirasi oleh ritual adat dalam tradisi masyarakat Dawan Timor Tengah Utara (TTU) untuk menyambut hujan musim tanam atau lebih dikenal dengan sebutan ul ton itu sendiri baru pertama kali diadakan oleh Komunitas Pustaka Leko Kupang.

Dalam pameran yang dibuka sejak hari pertama pada pukul 14.00 WITA itu sebagian karya tampil secara sederhana bahkan tanpa bingkai berkaca. Ada yang berada dalam sebuah map dan dilapisi plastik mika. Ada yang hanya kertas lalu ditempelkan saja, dan ada yang digantung dengan senar pancing.

Karya-karya pun cukup variatif. Pertama, kartun opini hitam-putih di atas kertas karya Mando Soriano yang juga koordinator pameran itu.  Ada 6 kartun opini yang dipamerkan diberi tema "Kematian-kematian Akrab yang Terasa Asing".

Dokumen Pribadi

Kedua, drawing atau ilustrasi hitam-putih dengan teknik arsir pena di atas kertas karya Agustinus. Lima drawing itu terdiri dari 4 karya bernuansa NTT yaitu Sumba dalam Ingatan, Sarapan Roti Manggarai dan Secangkir Kopi Bajawa, Marungga Berbuah, dan NTT Nite. Lainnya, Darurat Damai.

Dokumen Pribadi

Ketiga, sketsa-sketa karya Tayuko Matsumura dan Oan Wutun. Sketsa-sketa Tayuko dengan teknik cat air dan kerayon di atas kertas lalu digantung pada bidang pamer. Sketsa-sketsa Oan Wutun dengan cat air di atas kertas, dan bernuansa suasana.

Dokumen Pribadi

Keempat, lukisan berbahan arang di atas kertas. Karya Efraim yang berbingkai itu diberi judul "Smile with Fire".

Dokumen Pribadi

Kelima, lukisan wajah dengan pensil di atas kertas. Dalam 3 karya Asty Doporiko itu terdapat dua wajah tokoh Indonesia.

Dokumen Pribadi

Keenam, lukisan bergaya wedaisme yang dicetak pada vinyl. Tidak terdapat keterangan siapa kreatornya, tetapi tetap karya orang Kupang, dan jumlahnya ada 9.

Dokumen Pribadi

Ketujuh, lukisan cat minyak di atas kanvas. Di antaranya adalah karya dari anggota Komunitas Perupa Kapur Sirih Kupang.

Dokumen Pribadi

"Saya sendiri tidak menyangka kalau karya-karya yang tampil ternyata bervariasi," aku Mando yang mengelola Zine UMA. "Sebelumnya saya hanya mengajak kawan-kawan Kupang melalui media sosial untuk memamerkan karya mereka, seperti apa pun itu. Bahkan, Asty datang membawa karya pada detik-detik terakhir."

Mando memang tidak menyangka bahwa karya-karya yang disodorkan kawan-kawannya bisa bervariasi begitu. Hal ini disebabkan oleh baru pertama kali ia membuat pameran seni rupa, sebagaimana festival itu sendiri yang baru pertama, apalagi waktu dan tempatnya bersamaan dengan pameran forografi, instalasi, bincang buku, pentas teater, baca puisi, bincang proses festival dengan Umbu Wulang (penggagas Festival Wai Humba), diskusi mengenai perdagangan manusia, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline