Lihat ke Halaman Asli

Self Briefing Service: Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi Penerbangan.

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14205992861975483594

Masih berhubungan dengan musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ-8501, akhir-akhir ini ramai diibicarakan di seluruh media terkait dengan “pilot briefing”. Seperti biasa, beritanya menjjadi rancu dan melebar kemana-mana, ada yang benar ada yang separo benar dan ada yang salah.


Ada seorang penerbang yang mengirim surat terbuka, sampai-sampai menteri perhubungan RI Bapak Ignasius Jonan ikut memperhatikan hal yang sangat teknis terkait dengan pilot briefing.


Briefing terkait dengan informasi pra-penerbangan, yang dahulu dilakukan dengan face-to-face antara pilot/crew yang ditunjuk untuk itu dengan petugas AIS/Briefing Officer (AIS Briefing) atau petugas Meteorologi (MET Briefing), berkembang menjadi “self briefing” dalam bentuk dokumen yang disebut dengan Pre-flight Information Bulletin (PIB) yang terdiri dari satu set bulletin dokumen penerbangan yang berisi informasi penting terkait keselamatan operasi penerbangan.


Meskipun self briefing dimaksudkan untuk menggantikan face-to-face briefing, namun jika ada hal-hal didalam PIB dan dokumen penerbangan tentang meteorologi yang belum dimengerti oleh pilot maka face-to-face dan/atau telpon boleh dilakukan.


Seperti yang telah saya uraikan dalam tulisan terdahulu bahwa sebelum melaksanakan penerbangannya, seorang pilot wajib mendapatkan tiga hal:

 Membuat proposal rencana penerbangan dan/atau perubahannya

 Memperoleh informasi Notice To Airmen (NOTAM) dan informasi aeronautika lainnya yang relevan dengan penerbangannya;

 Memperoleh informasi tentang cuaca / meteorolologi.


Sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi / internet, maka di banyak negara saat ini ketiga elemen diatas sudah dapat diakses via internet / web dengan sistem “one stop shop”, artinya dengan membuka satu alamat web kita sudah dapat mengakses sekaligus tiga elemen informasi yang wajib didapat oleh pilot sebelum terbang.


Informasi Penerbangan via Internet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline