Lihat ke Halaman Asli

Sholahuddin

Pekerja Media

Dari Keluarga untuk Indonesia...

Diperbarui: 3 September 2015   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Para narasumber di acara Kompasiana Nangkring Bersama BKKBN, Kamis (20/8) di Solo Paragon Hotel & Residences "][/caption]

Reset your thinking, and see the future...

John Naisbitt

Keluarga adalah organ terkecil dalam masyarakat. Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera menyebutkan keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami-isteri, atau suami-isteri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.

Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, peran keluarga dalam membentuk masyarakat tak bisa dibilang kecil. Keluarga memegang peran vital pembangunan masyarakat dan negara. Kalau ingin membangun masyarakat dan bangsa yang baik, mulailah membangun keluarga. Bila ada tatanan masyarakat belum baik, bisa jadi tatanan dalam keluarga Indonesia belum tertata baik pula.

Karena itu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sebagai lembaga pemerintah yang bertanggungjawab terhadap pembangunan keluarga dan kependudukan, aktif mengkampanyekan program pemberdayaan keluarga melalui delapan fungsi keluarga. Delapan fungsi itu adalah fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi melindungi, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan. Tanpa kita mendefinisikan masing-masing fungsi itu, saya yakin kita mampu untuk membayangkan maknanya. Betapa agung peran dan fungsi keluarga.

Acara Kompasiana Nangkring Bersama BKKBN, Kamis (20/8), di Solo Paragon Hotel & Residences juga menjadi bagian kampanye itu. Dialog yang diikuti para kompasianer Soloraya tersebut bertema Menanamkan Revolusi Mental Melalui 8 Fungsi Keluarga. Acara dibuka Kepala BKKBN, dr. Surya Chandra Surapaty M.Ph., M.Pd., kemudian dilanjutkan diskusi bersama para narasumber, antara lain Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN, Dr Sudibyo Alimoeso, M.A., Deputi Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN, dr Abidinsyah Siregar DHSM, M.Kes, psikolog dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Drs.Soleh Amini Yahman, P.Si., M.Si, M.Pd, serta budayawan Arswendo Atmowiloto.

Ada beberapa kata kunci yang layak menjadi catatan penting dari forum itu, di antaranya soal revolusi mental dalam delapan fungsi keluarga, ancaman bonus demografi, serta penyakit yang menghinggapi kalangan remaja Indonesia.

Revolusi mental dalam nawacita pemerintahan Jokowi Widodo merupakan gerakan mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku setiap orang untuk berorientasi pada kemajuan dan kemodernan sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa di dunia. Secara demikian revolusi mental dalam delapan fungsi keluarga bisa dimaknai sebagai perubahan cara pandang, cara berpikir, sikap dan perilaku dalam mewujudkan fungsi ideal keluarga.

Revolusi adalah perubahan secara mendasar yang dilakukan secara cepat. Namun, revolusi mental dalam berkeluarga ini, tak semudah membalik telapak tangan. Hal itu membutuhkan waktu dan proses proses panjang, apalagi revolusi itu ingin mewujudkan cita-cita yang amat luhur seperti tertuang dalam delapan fungsi keluar. Kampanye, seperti acara Kompasiana-BKKBN, adalah bentuk penyadaran (awareness), memberi pemahaman kepada masyarakat, terutama para netizen (pengakses internet) yang saat ini menjadi bagian penting yang perlu digarap. Jargon-jargon “salam dua jari” (dua anak cukup), “salam GenRe (generasi berencana) atau salam tiga jari tiga jari” (say no to free sex, drugs and HIV/AIDS) merupakan bentuk kampanye untuk memudahkan penyampaian pesan, terutama buat anak muda. Penyadaran merupakan hal paling dasar dalam perubahan, namun penyadaran saja takkan cukup. Perlu ditindaklanjuti dengan strategi atau cara mencapai tujuan. Strategi dilanjutkan dengan program yang tepat agar tujuan tercapai secara efektif. Evaluasi atas program guna memastikan program sesuai sasaran. Tugas BKKBN, dan kita semua, masih panjang...

Apalagi tantangan keluarga di era teknologi informasi kian berat. Keluarga-keluarga di Indonesia hidup di tengah lingkungan masyarakat yang terus berubah. Baik perubahan yang direncanakan sebagai bagian dari proses pembangunan, maupun perubahan cepat akibat industrialisasi dan kapitalisasi gaya hidup. Kemudahan mengakses internet via gawai (gadget) kian merambah anak muda (bahkan anak-anak). Tak hanya di luar rumah, saat di dalam rumah pun anggota keluarga (orangtua dan anak) seolah tak bisa lepas dari gadget. Mereka berkumpul tapi minim interaksi. Mereka di dalam rumah tapi masing-masing terkoneksi dengan dunia luar. Intensitas dan keintiman keluarga kian terancam. Alih-alih keluarga menjadi tempat bersemai nilai akhlak dan moral, keluarga justru menjadi tujuan serbuan kapitalisasi gaya hidup yang tak mendidik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline