Lihat ke Halaman Asli

PT. Mikro Sinergi Informatika

The Integrated Business Solution

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi CRM

Diperbarui: 13 November 2019   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pinterest.com

Costumer Relationship Management atau yang biasa disebut CRM memang sangat membantu para pelaku bisnis untuk membantu mereka dalam mengotomatiskan pekerjaan yang berhubungan dengan pelanggan. Pada pekerjaan manual, mungkin menggunakan Excel, sticky notes, atau kertas yang ditumpuk di lemari khusus untuk menyimpan data pelanggan. Jelas, penyimpanan data yang demikian sangatlah tidak efektif dan karena itu aplikasi CRM dikembangkan.

Tapi, Sering tidak disadari perusahaan adalah memilih aplikasi itu. jika tidak hati-hati, sangat berisiko besar. Implementasi CRM bisa saja tidak bisa digunakan untuk perusahaan Anda dan pada akhirnya berakhir sebagai investasi gagal, Amat sangat disayangkan bilah itu terjadi.

Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi CRM di tengah lautan vendor yang ada? nah, Di sini kami akan mencoba membahas hal-hal yang mungkin harus diperhatikan perusahaan sebelum memilih aplikasi CRM.

Pertama, Tentukan dulu Kebutuhan Perusahaan 

Perusahaan  harus mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk memahami seberapa jauh perusahaan tersebut membutuhkan bantuan Costumer Relationship Management. Caranya adalah dengan mendaftarkan satu per satu masalah yang ingin CRM selesaikan, lalu menentukan fitur-fitur apa yang dibutuhkan.

Menitikberatkan pada permasalahan perusahaan, akan mengantarkan perusahaan pada implementasi aplikasi CRM yang berhasil. Karena bisnis perusahaan memiliki proses yang unik, jadi lebih baik memilih aplikasi CRM yang bisa dikustomisasi.

Pelajari dulu Fitur-Fitur yang ada di CRM

Bila sudah mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan perusahaan. Kini lanjut dengan memahami dulu apa saja yang Costumer Relationship Management tawarkan. Perusahaan tidak akan tahu apa yang sedang cari tanpa pengetahuan CRM.

Secara garis besar, ini adalah beberapa fitur-fitur CRM dan juga manfaatnya :

  • Manajemen kontak -- Membangun dan menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan
  • Manajemen lead -- Membantu mengubah lead menjadi pelanggan dengan cara yang strategis.
  • Memprediksi penjualan -- Membantu memprediksi kapan project akan selesai berdasarkan data
  • Meningkatkan komunikasi -- Menciptakan koordinasi yang lebih baik antar karyawan dalam menyelesaikan project
  • Menelusuri email -- Mendata semua email yang terkirim dan medata hasil dari email tersebut.
  • Database yang tersentralisasi -- Semua data pelanggan, proposal, video, case study, kontrak, tersimpan dalam satu database.
  • Analisis -- Perusahaan dapat menganalisis seluruh perkembangan penjualan yang ada.

Sebenarnya masih banyak Fitur-fitur lain yang lebih kompleks dan sesuai kebutuhan Anda juga tersedia. Tentunya, semua fitur ini akan membantu bisnis Anda lebih efisien dan mempercepat deal dengan lead Anda.

Evaluasi Pilihan 

Sesuai dengan permasalahan bisnis dan fitur yang dibutuhkan, Perusahaan kini harus mulai memilah-milah vendor ERP mana yang menyediakan System sesuai kebutuah Perusahaan. 

Biasanya dua jenis CRM, on-premise dan berbasis cloud. CRM on-premise adalah untuk yang tidak mau memindahkan data perusahaan ke cloud karena khawatir akan keamanan data. 

Sebetulnya, vendor-vendor besar Costumer Relationship Management menggunakan sistem yang berbasis cloud karena mengutamakan kemudahan akses dan dengan demikian mendorong efektivitas manajemen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline