Lihat ke Halaman Asli

Gupita Prajwalitaa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Benefit Kuliah di Kampus Muda Mendunia

Diperbarui: 27 Februari 2024   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Siapa sih yang tidak kenal Kampus Muda Mendunia? Kampus Muda Mendunia merupakan sebutan untuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Muda mendunia adalah sebuah harapan agar mahasiswa bisa menjadi jiwa muda yang memiliki semangat untuk mengenggam dunia. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terletak di daerah Kasihan dan sudah memiliki akreditasi Unggul. Upaya untuk mengamalkan spirit Muda Mendunia dengan metode belajar mengajar yang mengasyikan. Kegiatan belajar mengajar ini terbilang menyenangkan sebab dilakukan tidak hanya di dalam ruangan kelas saja. Penyampaian materi bisa juga dilakukan di taman, kantin atau UMBoga, Cafe 1912, hingga Cafetaria UMY. Mata kuliah praktikumnya pun beragam dan menyenangkan, salah satunya adalah mata kuliah pengantar sinematografi dimana para mahasiswa praktik secara langsung membuat sebuah film pendek yang kemudian di tayangkan. Praktikum ini menambah wawasan serta pengalaman mahasiswa dalam dunia film, sehingga merasakan susah senang dalam pembuatan film pendek. Alasan lain kuliah di Kampus Muda Mendunia adalah sebagai berikut:

  1. Dosen Asik

Seperti yang disebutkan di atas, dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki proses belajar mengajar yang menyenangkan dan berbeda-beda. Beberapa dosen mengajar dengan proses yang interaktif dimana mahaiswa diajak untuk berdiskusi layaknya orang tua dan anak, kadang pula dianggap setara. Pembelajaran di UMY dibagi menjadi dua jenis yaitu, Synchronous dan Asynchronous. Synchronous adalah pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas, sedangkan Asynchronous adalah pembelajaran berupa video pembelajaran yang dibuat oleh dosen kemudian dibagikan kepada mahasiswa melalui website myklass. 

  1. Perpustakaan Lengkap

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki perpustakaan yang lengkap, baik dari buku, jurnal, bahkan hingga akun premium yang disediakan gratis untuk seluruh mahasiswa UMY. selain itu juga perpustakaan UMY memiliki ruang baca yang nyaman sehingga para pendatangnya betah untuk membaca buku maupun mengerjakan tugas. Perpustakaan UMY juga menyediakan konsultasi gratis bagi para mahasiswa yang sedang mengerjakan jurnal maupun skripsi. 

  1. Periksa Dokter Gratis untuk Mahasiswa UMY

UMY menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi para mahasiswa yang sakit. selain itu juga, jika periksa di luar fasilitas UMY tetapi masih bekerjasama dengan UMY, dana yang digunakan dapat diklaim secara langsung ke LPKA. hal tersebut dilakukan karena pada saat pembayaran UKT sudah termasuk dana kesehatan bagi mahasiswa. 

  1. Ruang Sejuk

UMY memiliki ruang sejuk dan nyaman bagi para mahasiswanya. Ruang ini berupa taman batu yang terletak di tiap luar gedung UMY. Taman batu ini biasa digunakan sebagai tempat berkumpul mahasiswa, bisa juga menjadi tempat untuk mengerjakan tugas kelompok. Taman batu juga memiliki tempat untuk charge laptop ataupun handphone. 

Begitulah beberapa deskripsi yang menggambarkan betapa asik kuliah di Kampus Muda Mendunia. Tentu saja lebih banyak hal-hal asik lain yang dapat dirasakan di kampus ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline