Lihat ke Halaman Asli

Guramangofa (Anak Pulau Hiri ) Potensi Wisata "Ternate"yang Terlupakan

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13025148436094845

[caption id="attachment_101494" align="aligncenter" width="395" caption="sy/photo/pintu masuk"][/caption]

Jarak tempuh untuk menyaksikan gugusan anak pulau cantik nan indah ini berkisar 1 setengah dari pusat kota Ternate , Dengan menumpangi angkot 5 ribu rupiah dari terminal di kelurahan gamalama jurusan sulamadaha  setelah itu  menumpang ojek laut tarif 5 ribu rupiah atau speed boat 10 ribu rupiah  ke hiri dengan waktu 25 menit ,setelah sampai ke hiri selanjutnya naik lagi ojek darat roda dua  menuju ke kelurahan fohudu 10 ribu rupiah maklum di pulau hiri tidak ada kendaraan roda empat . Setelah sampai jangan lupa untuk meminta izin kepada kepala kelurahan setempat untuk di pandu jalan menuju GURAMANGOFA dan GURAGOFUMALO .

[caption id="attachment_101475" align="aligncenter" width="388" caption="sy/photo dari hiri"][/caption]

Photo di atas adalah merupakan sebuah gugusan pulau tanpa nama yang biasa di sebut warga hiri  dalam bahasa Ternate yaitu GURAMANGOFA  (artinya:anak pulau) dan GURAGOFUMALO (artinya:pulau tanpa rumput)  pulau yang terletak di Kota Ternate tepatnya di kecamatan hiri ini memiliki keindahan yang tak kalah apik dengan gugusan pulau lainya di Nusantara . Namun sayang publikasi dan informasi mengenai pulau yang berpotensi  sebagai  penggenjot APBD Kota Ternate tersebut minim di lakukan oleh  Pemerintah kota Ternate yang sebagai wilayah administratifnya.

[caption id="attachment_101495" align="aligncenter" width="374" caption="sy photo /guramangofa"][/caption]

Gugusan pulau guramangofa ini memiliki keidahan pada waktu sunrise dan waktu sunset seperti yang di katakan Bpk Djafar salah seorah warga fohudu . dalam dialeg ternate pak djafar menyampaikan : ("Pulo ini p bagus tapi tarada manfaat,coba kalu pemkot biking tampa wisata di pulo ini mungkin anggaran pemkot ketambahan deng masyarakat disini dan Ternate  juga iko maju ,lia saja sandiri orang disini so mulai maju tapi fasilitas yang tara maju dari taong ka taong" ) artinya: "Pulau ini sungguh bagus namun tidak punya manfaat,apabila pemerintah kota menunjukan pulau ini sebagai tempat wisata maka mungkin saja anggaran atau APBD kota Ternate juga akan bertambah dan masyarakat kota Ternate juga akan maju,liat saja masyarakat sini (baca:Hiri) sudah mulai maju akan tetapi fasilitas yang di berikan tidak pernah maju dari tahun ke tahun" .

[caption id="attachment_101500" align="aligncenter" width="381" caption="sy/photo/pantai dari teluk hiri "]

13025188901090237470

[/caption] [caption id="attachment_101501" align="aligncenter" width="391" caption="sy/photo/dari ketinggian"]

13025191872079179300

[/caption] Sungguh Potensi wisata Maluku Utara dan Kota Ternate yang terlupakan oleh Pemerintah kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara sebagai daerah otonomnya . Entah mengapa pulau ini tidak pernah terdengar ke permukaan masyarakat sebagai pesona  kieraha dan pesona  Nusantara? ada apa di balik intan permata ini .? Pulau GURAMANGOFA dan GURAGOFUMALO  adalah aset daerah yang sangat penting untuk di kembangkan sebagai kawasan wisata . PULAU TANPA NAMA kapan engkau bahagia??????



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline