Lihat ke Halaman Asli

Gunawan Mahananto

Ordinary people with extraordinary loves

Mimpi Mourinho Menjadikan Sanchez sebagai " Neymar"-nya MU

Diperbarui: 24 Januari 2018   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Manchesterunited.com

Banyak orang kaget dengan kiprah Manchester United  /MU yang sukses besar menggaet Alexis Sanchez dari Arsenal .  Dan menjadikan Alexis Sanchez  sebagai pemain paling tinggi  gaji nya di Premier League Inggris Raya.  Kita akan melihatnya dengan cara pendekatan misi dan visi sebagai klub  terbesar di Inggris , lalu strategi pelatih dan bisnis oriented . 

PERTAMA . Sejak pasar transfer di awal musim , sebenarnya Ada beberapa  pemain sektor penyerang kelas dunia yang di incar MU.   Antara lain  striker Antoine Griezmann  dari Real Madrid , Striker Alvaro Morata , penyerang sayap Gareth Bale dari Real Madrid dan gelandang serang Paulo  Dybala dari Juventus .  Namun semua upaya pembelian para pemain itu  gagal .   Dan ini sempat memicu isu saat itu  di MU , bahwa pelatih Mourinho akan hengkang ke  Paris St Germain.   Klub kaya raya yang tidak ada kendala dana dalam membeli pemain yang di incarnya.  Mourinho pantas berang , karena saingan berat Mu yang tim sekota yakni Manchester City justru lebih agresif menambah pemain top.  Mourinho  berkeyakinan , tanpa menambah atau menukar pemain lama dengan pemain baru yang fresh  dan cocok sesuai dengan strategi permainannya , maka target MU menjadi juara  Premier League akan menjadi mustahil.  Ini terbukti , di pertengahan  kompetisi , MU masih selisih 12 point dibawah dari Manchester City di  puncak klasemen. 

KEDUA , penampilan striker Romelu Lukaku di MU , cenderung menurun,  terutama dari gol yang dihasilkannya sebagai striker utama .  Selain sisi performance Lukaku sendiri , bisa  juga minimnya gol , di sebabkan oleh dukungan gelandang dan penyerang  sayap yang kurang bagus.  Dengan masih absennya striker gaek Zlatan Ibrahimovic , ini berarti untuk striker murni hanya bertumpu kepada Lukaku dan  Marcus Rashford sebagai pelapis. Meski dari berbagai penampilan di MU ,  Marcus Rashford lebih cocok bila bermain sebagai penyerag sayap ,  karena kecepatan dan driblingnya bagus dan cepat.   Gol yang seret dari Lukaku  ini , memberikan dorongan utama , agar Klub menambah satu pemain penting  kelas dunia di sektor penyerang.  Yang bisa membantu Lukaku membuat gol  , atau pemain itu mencetak sendiri banyak gol untuk klub.

KETIGA , MU sudah habis kesabaran dengan performance pemain gelandang serang Mkhitaryan.   Setiap pekan , MU memnggaji sekitar Rp 2,9  milyar. Dengan performancenya  yang tidak pernah bagus kalau main , tentu ini tidak sebanding dengan banyak duit yang di belanjakan oleh Klub.  Di sisi personal , sosok Mhkitariyan juga terlalu kalem dan kurang karismatis . Ini mungkin berakibat dengan kurang nya pendapatan klub dari penjualan kaos , merchandise dan assesoris  yang terkait Mkhitaryan.   Makanya , Mkhitaryan jadi target penjualan segera oleh MU. 

KEEMPAT. Disaat bersamaan , penyerang top dunia , Alexis Sanchez , dikabarkan tidak betah di Arsenal.  Meski di awal musim , Manchester City yang  semula dikabarkan berniat membelinya . Namun , mungkin karena harga jual dan gaji tinggi dari seorang Alexis Sanchez , itu menjadi hambatan City menuntaskan Kontrak transfer .   Selain itu , dari sisi psikologis /kenyamanan para pemain di klub , untuk sektor penyerang , di Machester City sudah banyak bercokol para penyerang gelandang serang yang sangat mumpuni.  Ada Aguero , Jesus , Sane , Sterling , David Silva  dan pemain paling penting di City saat ini yakni Kevin De Bruyne.   Dengan masuknya Sanchez , bisa jadi akan membuat Kevin De Bruyne tdak lagi menjadi pemain paling penting. dan bisa berakibat penurunan performance.  Kita ingat , wakru De Bruyne masih berseragam Chelsea , karena dia merasa tidak penting lagi ,karena jarang dimanikan ,  De Bruyne lalu minta ke pelatih untuk di jual atau di pinjamkan ke klub lain.  Dengan gagalnya City menggaet Sanchez , menjadi peluang bagi klub lain yang juga butuh pemain penyerang kelas dunia. 

KELIMA .  Momentum City gagal perundingan dengan Arsenal  untuk dapatkan Alexis Sanchez ini , dimanfaatkan oleh   MU dan Mourinho untuk mendekati Arsenal.  MU lalu menawarkan Mkhitaryan untuk ditukar dengan Alexis Sanchez .  Pola permainan Arsenal yang andalkan pola serangan dari pemain gelandang bertahan dan sayap , dengan mementingkan dominasi bola /ball possesion  , akan sagat cocok dengan gaya main Mkhitaryan.  Dan sang pelatih Arsene Wenger juga kabarnya , memang inginkan Mkhitaryan bisa gabung  di tim nya. Ini lah yang membuat , kedua manangement klub untuk setuju saling tukar pemain.  Kedua klub tidak harus keluar uang untuk membeli pemain baru.  Sebagai kompensasi , tidak adanya nilai pembelian sang pemain, dari kedua klub , menaikkan gaji pemainnya dengan nilai signifikan.   Kalau melihat pasar transfer pemain bola top dunia saat ini , harga nya sudah sangat tinggi.  Seperti Neymar yang  sekarang bernilai dikisaran 239 juta Euro , Lukaku senilai 158 juta Euro , Dybala senila 161 juta Euro dan Bruyne senilai 131 juta Euro .   Jadi secara bisnis , model switch pemain antar klub ini sangat membantu keuangan masing masing klub.   Bisa jadi , untuk nilai transfer pembelian pemain , diakalinya , adalah dengan dibayar nya dengan cara di cicil oleh klub. Cicillan itu dibayar lewat gaji pemain yang dinaikkan signifikan. 

Kedatangan Alexis Sanchez di MU ini sangat di nanti oleh Klub , Pelatih , para pemain MU dan para fans MU sendiri.  Sekali lagi , MU membuktikan  masih  sebagai Klub Terbesar di Inggris . selain banyak  Piala yang di rebut , tolak ukurnya juga , adalah dari bisa menggaji besar para pemain top nya. Gaya bermain Sanchez yang bertehnik tinggi , ulet , ngotot namun sportif disukai oleh para penikmat bola  dunia.   Pernyataan Alexis Sanchez bahwa MU adalah klub impian nya sejak kecil , menguatkan brand personal , bahwa Alexis Sanchez ditakdirkan sukses bersama MU.  "Drama " ini akan menguatkan pasar merchandise yang identik kaos nomor 7 milik Sanchez.  Bisa jadi , untuk membayar gaji Sanchez, cukup sebagian dari hasil penjualan merchandise yang bernomor 7 dari MU. 

 

Will the dream come True ?...akankah Alexis Sanchez menjadi seperti sosok Nyemar yang sangat penting dan sukses di klub PSG.   Neymar , Messi dan Sanchez  punya posisi yang sama sebagai penyerang sayap di klubnya masing masing.  Dengan pelatih jenius , dingin dan sukses seperti Mourinho , bisa jadi Alexis Sanchez akan lebih hebat dari kiprah Neymar di PSG atau Messi sekalipun di Barcelona. 

 

Makassar , 24 Januari 2018

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline